Fasilitasi Akses Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas

Fasilitasi Akses Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas
JAKARTA (7 Mei 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai Residen "Galih Pakuan" membantu memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Para penyandang disabilitas berasal dari Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhakti Cengkareng Jakarta Barat, Wisma Asuh Anak dan Orang Tua Kasih ABBA Gunung Sindur Parung Bogor. Kegiatan vaksinasi dilakukan di Istora Senayan Jakarta Pusat. Kegiatan ini terbagi menjadi dua kali kegiatan, yaitu dilakukan pada hari Rabu dan Jum’at. 

Pada hari Rabu Balai Residen "Galih Pakuan" menugaskan tim yang terdiri dari 4 orang untuk mendampingi para penyandang disabilitas. Dalam menunjang kegiatan ini, Balai juga menurunkan 1 unit bus dan 1 unit mobil akses disabilitas untuk mengantarkan para penyandang disabilitas ke lokasi kegiatan vaksinasi. 

Petugas langsung meluncur ke Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhakti Cengkareng Jakarta Barat untuk menjemput 15 orang para penyandang disabilitas dan 19 orang pendamping. Staf Pelayanan Sosial Panti Sosial Bina Daksa Umi Hannie mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah membantu memfasilitasi kegiatan vaksinasi bagi warga binaan sosial di lembaganya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kementerian Sosial atas bantuan armada mobil dinasnya untuk memfasilitasi warga binaan kami karena terus terang kami hanya memiliki dua unit mobil dinas saja yaitu mobil ambulance dan bus, sedangkan warga binaan kami banyak ada 152 orang,” kata Umi. 

Selanjutnya pada hari Jum’at, tim kembali membantu fasilitasi kegiatan vaksinasi bagi anak asuh penyandang disabilitas Wisma Asuh Anak dan Orang tua Kasih ABBA Gunung Sindur Parung Bogor. Di lokasi ini petugas membantu 10 orang penyandang disabilitas dan 10 orang pendamping untuk menuju lokasi vaksinasi.

Selain membantu pengantaran, di lokasi vaksinasi petugas juga membantu mendampingi para penyandang disabilitas untuk melakukan serangkaian proses mulai dari registrasi di meja administrasi, menjalani skrining sampai mengantar ke stand vaksinasi. 

Salah seorang penyandang disabilitas intelekual Mu mengaku sangat senang karena dibantu dalam melakukan vaksinasi. “Terimakasih ibu sudah antar saya, senang bisa naik mobil rame rame, dibantu supaya bisa disuntik,” ucap Mu kepada petugas.

Di tempat yang sama, penyandang disabilitas netra DK juga mengungkapkan rasa senangnya karena dapat melakukan kegiatan vaksinasi ini. “Saya sangat senang akhirnya saya bisa divaksin, terimakasih ibu sudah membantu saya dan teman teman,” kata DK. 

Pendamping dari Wisma Asuh Anak dan Orang tua Kasih ABBA Gunung Sindur Parung Bogor Sri Wahyuni turut mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui Balai Residen "Galih Pakuan" yang telah mengirimkan petugas untuk membantu vaksinasi bagi anak asuhnya. “Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan kendaraan dan pendampingan dari Kementerian Sosial. Kami sangat berterimakasih, apalagi perawat dari Kementerian Sosial sangat ramah terhadap anak asuh kami,” ucap Sri. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kementerian Sosial melalui Balai Residen "Galih Pakuan" dalam membantu para penyandang disbalitas untuk dapat mengakses kebutuhan dan hak mereka, salah satunya yaitu hak untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Penulis :
Humas Balai Residen Galih Pakuan Bogor
Editor :
Annisa YH

Bagikan :