Fokus Pekerja Sosial Industri Tangani Tiga Aspek

Fokus Pekerja Sosial Industri Tangani Tiga Aspek

    BANDUNG (22 November 2019) - Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto hadir sebagai narasumber pada Kuliah Umum Mahasiswa Program Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial Poltekesos Bandung dengan materi "Pekerja Sosial di Dunia Industri" bertempat di Auditorium Gedung  Poltekesos Bandung.

    Dalam pemaparannya Edi Suharto memberikan penjelasan bahwa inti dari Pekerja Sosial Industri adalah pekerja sosial yang di setting di perusahaan atau industri, menyelesaikan masalah di semua aspek yang meliputi kesehatan, hukum, pendidikan, dan lain-lain.

    Sedangkan fokus pekerja sosial industri menangani tiga aspek meliputi Profit, Planet dan People.

    "Di era industri modern ini peran manusiapun akan tergantikan dengan robot, sementara yang akan bertahan hanyalah semangat," kata Edi Suharto.

    Pada kesempatan ini, Edi Suharto membagikan Buku yang ditulisnya yaitu Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat kepada beberapa mahasiswa yang memberikan pertanyaan berkaitan dengan pekerja sosial industri.

    Di akhir perkuliahan yang diikuti oleh 250 orang mahasiswa Poltekesos Bandung ini Edi Suharto mengutip sebuah filosofi Canibal With Work.

    "Manusia adalah binatang yang suka bermain serta manusia adalah binatang industri yang ingin bekerja. Dan untuk itulah Ilmu Sosial hadir menjadi jalan tengah. Pekerja sosial di Indonesia sangat beruntung, karena undang-undang pekerja sosialnya paling lengkap. Di Asia saja yang punya undang-undang kesejahteraan sosial hanya Thailand, Filipina dan Indonesia," pungkas Edi.


    Penulis :
    OHH Ditjen Rehsos
    Editor :
    Intan Qonita N
    Penerjemah :
    Yusa Maliki; Karlina Irsalyana

    Bagikan :