Jelang Musim Hujan, Kemensos Kebut Pembentukan KSB

Kementerian Sosial terus berupaya meningkatkan mitigasi bencana berbasis masyarakat melalui pembentukan Kawasan Siaga Bencana (KSB). KSB dibentuk di wilayah rawan bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mengurangi resiko terhadap bencana sebelum relawan bencana datang ke lokasi yang terdampak bencana.

Setelah pembentukan KSB di 759 lokasi di Indonesia, kali ini Kementerian Sosial menetapkan empat lokasi di Kabupaten Malang Selatan untuk dijadikan KSB yang berada di kawasan rawan bencana di pesisir selatan Kabupaten Malang. Empat lokasi tersebut yaitu Desa Srigonco di Kecamatan Bantur, Desa Tumpakrejo di Kecamatan Gedangan, Desa Banjarejo di Kecamatan Donomulyo dan Desa Purwodadi di Kecamatan Tirtoyudo.

Dengan dibentuknya KSB, diharapkan dapat mengorganisir potensi masyarakat terlatih siaga bencana dan meningkatkan kapasitas masyarakat untuk lebih siap menghadapi bencana dan segala resikonya, sehingga masyarakat yang tinggal di daerah bencana bisa lebih sigap dan tanggap dengan semangat gotong royong.

Penerjemah :
Intan Qonita N

Bagikan :