Koin Sejuta Berkah, Wujud Peduli Sosial IPSM Terhadap PPKS

Koin Sejuta Berkah, Wujud Peduli Sosial IPSM Terhadap PPKS

KARAWANG BARAT (2 MEI 2021) - Sejalan dengan salah satu tugas pokoknya untuk menginisiasi penanganan masalah sosial, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Karawang Barat memiliki program Koin Sejuta Berkah yang telah berjalan dari tahun 2018 hingga saat ini.

 

Koin Sejuta Berkah merupakan pemberian dana santunan dan paket sembako untuk menunjang kebutuhan sehari-hari bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di wilayah Karawang Barat.

 

Oop Sopiah Husen, salah seorang PSM di Karawang Barat mengatakan bahwa program Koin Sejuta Berkah menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial bagi PPKS sekaligus untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, terutama bagi PPKS yang belum masuk kedalam Data terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

 

“Program Koin Sejuta berkah merupakan program penggalangan dana untuk membantu PPKS di wilayah Karawang Barat terutama bagi mereka yang belum masuk ke dalam DTKS,” ujar Oop saat ditemui di Kantor Kecamatan Karawang Barat

 

“Dengan adanya program Koin Sejuta Berkah diharapkan setidaknya mampu memberikan kebahagiaan bagi warga yang memerlukan bantuan. Disinilah PSM berperan untuk menunjang program pemerintah,” tambah Oop. 

 

Adapun bentuk bantuan sosial dari program koin sejuta berkah berupa pemberian sembako untuk kelompok lansia, santunan untuk anak yatim, pembiayaan sekolah sekaligus pemberian perlengkapan sekolah bagi pelajar tidak mampu dan beberapa bentuk bantuan sosial lainnya.

 

Sinergisme PSM dan TKSK

 

Dalam proses pelaksanaannya, Program Sejuta Berkah tidak luput dari dukungan berbagai pihak, salah satunya dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TSKS) Karawang Barat. TKSK berperan dalam memastikan bantuan yang akan diserahkan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan PPKS. Pendataan yang real time dan update menjadi kunci bagi hal tersebut

 

“Sinergisme antara PSM dan TKSK dibangun dalam bentuk komunikasi kepada PPKS, baik yang datang langsung ke Kantor Kecamatan maupun yang kami datangi langsung ke rumahnya, sehingga data yang kami peroleh valid,” ungkap Sutardi, TKSK di wilayah Karawang Barat.

 

Sutardi yang menjadi TKSK sejak 2015 mengatakan pentingnya sinergisme yang dibangun antara berbagai pihak sehingga program Koin Sejuta Berkah mampu memberikan dampak yang berarti bagi PPKS.

“Yang namanya pekerja sosial harus memiliki empati tinggi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, terutama di masa pandemi ini sehingga bantuan sosial tetap harus jalan,” imbuhnya lagi.

 

Program Koin Sejuta Berkah yang awalnya dipusatkan di satu titik lokasi mengalami penyesuaian diakibatkan adanya pandemi Covid-19. Door to door menjadi solusi bagi penyaluran bantuan, sehingga tidak ada kerumunan dan protokol kesehatan tetap dapat dijalankan.

 

Faktor dukungan berbagai pihak baik dari pemerintah pusat, daerah dan swasta juga menjadi salah satu point penting dalam terlaksanya program ini. Diharapkan kedepanya program ini tidak hanya dilaksanakan di wilayah Karawang Barat, tapi juga di daerah-daerah lainnya.

 

Biro Hubungan Masyarakat

Kementerian Sosial RI


Penulis :
Biro Humas

Bagikan :