Mensos Risma Turunkan Tim Sejak Awal Mei untuk Selenggarakan HLUN

Mensos Risma Turunkan Tim Sejak Awal Mei untuk Selenggarakan HLUN
Penulis :
Rizka Surya Ananda
Penerjemah :
Laili Hariroh

LHOKSUKON (28 Mei 2024) - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengerahkan seluruh unit teknis Kementerian Sosial untuk melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Aceh Utara. Tim yang terdiri dari Unit Teknis Pusat, Balai Besar, Sentra Terpadu, dan Tagana dari wilayah Sumatera dan Jawa sudah tiba di Aceh Utara sejak 10 Mei 2024.

"Kemensos sudah turun dari pertengahan Mei untuk melakukan asesmen dan pemeriksaan. Semua Sentra di Sumatera dan Jawa ikut serta," kata Mensos Risma, Selasa (28/5).

Seluruh unit teknis Kemensos disebar di 27 Kecamatan di Aceh Utara dan bertanggung jawab memberikan penanganan kepada lansia sesuai dengan hasil asesmen. Penyebaran ini memungkinkan Kemensos menyentuh seluruh lansia yang membutuhkan di tingkat desa. Pada acara puncak tanggal 29 Mei besok, para lansia di 27 kecamatan akan terhubung dengan venue utama di Kantor Bupati Aceh Utara melalui video conference. Selain di Aceh Utara, unit teknis Kemensos juga merayakan HLUN di 10 lokasi di Indonesia bagian timur, di antaranya adalah lansia yang berada di Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Serangkaian kegiatan sudah dilakukan oleh tim. Misalnya pada 16-21 Mei 2024, Tim Kemensos dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Aceh Utara telah melakukan perekaman  E-KTP langsung di rumah 31 lansia yang mengalami kelumpuhan dan tidak punya dokumen kependudukan. Sementara itu, pada 25-26 Mei 2024 telah dilakukan pemeriksaan telinga hidung tenggorokan (THT) oleh dokter spesialis THT dan pemeriksaan audio sekaligus pemberian bantuan Alat Bantu Dengar bagi 200 lansia. Kemensos juga memfasilitasi pemeriksaan kesehatan gratis termasuk pemeriksaan sendi dan terapi kesehatan.

Tim di masing-masing kecamatan juga sudah menyalurkan berbagai bantuan. Beberapa di antaranya bantuan pemenuhan hidup layak, perabotan kamar dan dapur bagi lansia, serta penyaluran alat bantu seperti kursi roda, tongkat, dan kacamata. Sejumlah lansia potensial juga mendapatkan bantuan pelatihan vokasional dan modal pengembangan usaha.

Tidak hanya itu, tim Kemensos juga membangun Instalasi Pengolah Air Terpadu di dua titik yaitu Kecamatan Baktiya dan Kecamatan Langkahan serta  taman lansia di Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Para Tagana juga sudah hadir di Aceh Utara membantu membangun Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi lansia.

نشر :