Penuhi Hak Penyandang Disabilitas, Balai "Budhi Dharma" Bekasi Fasilitasi Vaksinasi Covid-19

Penuhi Hak Penyandang Disabilitas, Balai "Budhi Dharma" Bekasi Fasilitasi Vaksinasi Covid-19
JAKARTA ( 8 Mei 2021) – Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi milik Kementerian Sosial RI turut mendukung upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat dari ancaman pendemi Covid-19 dengan program vaksinasi Covid-19 termasuk salah satunya adalah penyandang disabilitas.

Sesuai dengan arahan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini bahwa seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial terutama Balai-balai dibawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial harus memberikan layanan rehabilitasi sosial multifungsi terhadap semua jenis permasalahan sosial di wilayahnya.

Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi mendukung upaya Kementerian Sosial RI dengan membantu memfasilitasi penjemputan penyandang disabilitas dari Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Budhi Bakti Jakarta Barat dan Panti Sosial Bina Karya (PSBK) Harapan Jaya Tangerang Banten menuju Istora Senayan Jakarta dan melaksanakan pendampingan vaksinasi Covid -19 yang dilaksanakan pada Rabu (4 Mei 2021) dan hari ini, Sabtu (8/5/2021 sesuai jadwal dan koordinasi dengan Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas.

Tim pertama Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi yang terdiri dari Pekerja Sosial, Nawula dan Perawat, Rudy Setyadi  menjemput dan mengantarkan 20 orang penyandang disabilitas PSBD Budhi Bakti Jakarta Timur. Pendampingan pekerja sosial dan perawat bagi penyandang disabilitas sesuai prosedur vaksinasi  Covid-19 mulai dari registrasi, asesmen awal untuk melihat riwayat kesehatan, pemeriksaan Kesehatan pengukuran suhu tubuh dan tekanan darah hingga selesai vaksinasi covid-19.

Perawat Balai Lansia Budhi Dharma, Rudy Setyadi menyampaikan secara umum pendampingan vaksinasi covid -19 bagi penyandang disabilitas kondisi kesehatannya tidak menunjukkan efek samping pasca pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi Covid -19 ini adalah vaksinasi kedua bagi penyandang disabilitas PSBD Budhi Bakti.

Selanjutnya pada hari ini, Sabtu ( 8 Mei 2021) Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi menjemput dan mengantarkan 43 orang penyandang disabilitas Panti  Sosial Bina Karya Harapan Jaya Tangerang yang merupakan panti milik pemda Jawa Barat yang memberikan perhatian khusus bagi penyandang disabilitas mental. Bersama 5 Balai milik Kementerian Sosial RI tim balai Budhi Dharma yang terdiri dari pekerja Sosial, Komariyah dan perawat, Rahmat Hidayat mendampingi 8 orang PM yang akan melaksanakan vaksianasi covid -19 tahap kedua. Sama halnya dengan tim pertama, pendampingan vaksinasi covid-19 dimulai dari registrasi, skrining kesehatan kemudian pelaksanaan vaksinasi dan observasi pasca vaksinasi covid-19

Usai pelaksanaan vaksinasi Covid -19 Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi  menyerahkan bantuan ATENSI berupa paket yang berisi air mineral, susu UHT, madu, minuman cincau, kurma, biscuit, coklat kacang sukro, keripik kentang kepada 20 orang penyandang disabilitas PSBD Budhi Bakti Jakarta Barat dan 23 orang penyandang disabilitas PSBK Harapan Jaya Tangerang guna meningkatkan imun tubuh usai vaksinasi Covid-19. 

Raspai, salah satu penerima bantuan ATENSI menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bingkisan yang diterimanya.  Rasa senang juga diungkapkannya karena setelah vaksin tidak ada efek  samping yang dirasakannya.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas merupakan bentuk kepedulian Kementerian Sosial RI dalam upaya pemenuhan kebutuhan dan hak penyandang disabilitas, salah satunya pemenuhan hak mendapatkan vaksianasi Covid- 19.



Penulis :
Humas Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi
Editor :
David Myoga

Bagikan :