Penyandang Disabilitas di Cipingkor dan Padalarang Terima Bansos

  • Penyandang Disabilitas di Cipingkor dan Padalarang Terima Bansos
  • 15917521551911
  • 15917521442940
BANDUNG BARAT (9 Juni 2020) - Penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako hari ini Kembali dilakukan oleh Kementerian Sosial RI melalui Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) “Abiyoso”. Berlokasi di Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Cipongkor, 75 paket disalurkan kepada penyandang disabilitas sensorik netra terdampak COVID-19.

Kepala BLBI “Abiyoso”, Isep Sepriyan beserta jajarannya disambut oleh pemerintah daerah setempat, pejabat di lingkungan Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, pendamping penyandang disabilitas serta para penyandang disabilitas penerima bantuan.

Pejabat yang menghadiri kegiatan penyaluran di Kecamatan Cipongkor adalah Kasubag Kepegawaian Kec. Cipongkor, Wawan, dan Pendamping Penyandang Disabilitas Kabupaten Bandung Barat, Ruslan Efendi.

Sementara itu, di Wilayah Kecamatan Padalarang, dihadiri oleh Camat Kecamatan Padalarang, Dudi Supriyadi dan Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, Tedi Sulaksana.

Dudi, dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih atas penyaluran bantuan ini. "Saya merasa terhormat atas kedatangan rombongan dari BLBI "Abiyoso" untuk menyalurkan bantuan sosial kepada warga disini. Kami merasa sangat terbantu atas bantuan yang diberikan Kementerian Sosial RI melalui BLBI "Abiyoso" ditengah COVID-19 seperti ini,” Ucapnya.

Sedangkan Isep, dalam sambutannya menekankan untuk memperhatikan protokol kesehatan kepada seluruh hadirin. "Semoga bantuan ini bermanfaat untuk bapak dan ibu sekalian. Jangan lupa tetap jaga jarak, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, lalu pakai handsanitizer juga karena COVID-19 ini belum berakhir dan kita harus memperhatikan protokol kesehatan," Pungkasnya.

Dalam proses penyaluran bansos ini, BLBI “Abiyoso” berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat (kecamatan, kabupaten, Dinas Sosial), pengurus yayasan atau komunitas penerima bantuan social maupun para pendamping penyandang disabilitas. 

Sejumlah komunitas disabilitas penerima bantuan ini di antaranya, Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Barat wilayah Kota Cimahi, Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) DPD Kota Bandung, Yayasan Titian Bangsa Kota Cimahi, Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, Ikatan Tunanetra Bandung (ITB), dan Yayasan Kumala Cileunyi di Kabupaten Bandung.

Tidak hanya fokus kepada para penyandang disabilitas sensorik netra, penyaluran bantuan sosial berupa sembako ini juga dibagikan kepada penyandang disabilitas lainnya, seperti disabilitas fisik serta intelektual. Warga disekitar BLBI “Abiyoso” pun tak luput dari penyaluran bantuan sosial.

Dengan tersalurnya 75 paket sembako hari ini, maka selesailah rangkaian kegiatan penyaluran bansos tahap awal kepada warga disabilitas terdampak COVID-19 oleh BLBI “Abiyoso”. total jumlah paket yang telah diberikan sebanyak 745 paket dengan nilai per paket sebesar Rp.300 Ribu yang disalurkan ke sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Barat secara bertahap.

Sebelum penyaluran bantuan sosial hari ini, kegiatan penyaluran tahap awal telah diselenggarakan sejak 22 Mei . di wilayah Kota Cimahi disalurkan sebanyak 232 paket sembako, Kota Bandung sebanyak 53 sembako serta Kabupaten Bandung sejumlah 23 paket sembako. Selanjutnya, giliran penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Bandung Barat yang menerima bantuan dengan total 196 paket sembako hingga hari ini. Lokasi lainnya adalah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya sejumlah 104 paket sembako. Sedangkan di Kabupaten Garut, para penyandang disabilitas menerima total 68 paket sembako.

Selanjutnya giliran wilayah Kabupaten Ciamis yang disambangi oleh BLBI “Abiyoso” dengan menyalurkan sebanyak 60 paket sembako dengan sasaran penerima adalah penyandang disabilitas netra. Kemudian BLBI “Abiyoso” pun menyalurkan bantuan sosial ke wilayah Kota Banjar sebanyak 9 paket sembako. Dengan demikian, total 745 paket sembako yang disalurkan pada tahap ini telah rampung.

Penulis :
Humas BLBI "Abiyoso" Cimahi
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Salsabila Baiqlis R; Karlina Irsalyana

Bagikan :