Rintis Inovasi, BBPPKS Yogya Dirikan PUSYANTENSI Omah Guyub

  • Rintis Inovasi, BBPPKS Yogya Dirikan PUSYANTENSI Omah Guyub
  • 16179533392085
  • 16179533394025

YOGYAKARTA (9 April 2021) - Sesuai arahan Menteri Sosial RI, Ibu Tri Risma Harini, Balai di lingkup Kemensos RI agar mengembangkan fungsinya di luar tusi utama yang dilaksanakan selama ini. BBPPKS Yogyakarta merintis pendirian Pusat pelayanan Kompetensi SDM Kesos (PUSYANTENSI) “Omah Guyub”.

“Omah guyub” akan menjadi tenpat pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat utamanya SDM kesos dan para PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesos). “ Disampaikan Murhardjani dalam rangka Soft Launching PUSYANTENSI Omah Guyub BBPPKS Yogyakarta pada Jum'at 9 April 2021 di Kampus 1 BBPPKS Purwomartani Kalasan.

PUSYANTENSI Omah Guyub BBPPKS Yogyakarta memiliki dua unit layanan, yakni Klinik Inkubasi Kewirausahaan Sosial dan Unit Respon Kebencanaan. Klinik Inkubasi Kewirausahaan Sosial SDM Kesos dan PPKS yang menyelenggarakan kegiatan konsultasi, penyuluhan , pendampingan dan fasilitasi penumbuhan, pengembangan dan pemantapan kewirausahaan sosial, pengembangan jejaring, kerjasama dan akses kewirausahaan sosial SDM Kesos dan PPKS.

Unit Respon Kebencanaan menyelenggarakan kegiatan Tim Reaksi Cepat bencana, konsultasi, penyuluhan dan pengembangan SDM kesos Kebencanaan serta pengembangan jejaring dan kerjasama di bidang kebencanaan. Kedepan kita harus memaksimalkan Social Impact atau dampak sosial bagi masyarakat melalui layanan ini, jelas Murhardjani. Seperti makna dari kata Omah Guyub yakni Rumah kebersamaan untuk berkembang menuju Sejahtera.

PUSYANTENSI diyakini menjadi sebuah langkah strategis dari BBPPKS Yogyakarta dalam mentransformasikan diri dari lembaga dengan satu fungsi yakni menyelenggarakan diklat menjadi lembaga multi fungsi, yaitu pengembangan SDM Kesos serta pelayanan atau pengabdian masyarakat dan menjadi miniatur Kemensos di daerah.


Penulis :
Humas BBPPKS Yogyakarta
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Humas BBPPKS Yogyakarta

Bagikan :