Bahagia di Hari Lansia, Ratusan Lansia di Tasikmalaya Terima Bantuan

Bahagia di Hari Lansia, Ratusan Lansia di Tasikmalaya Terima Bantuan
Tasikmalaya (02 Juni 2022) - Tepat di peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) pada 29 Mei 2022, Bu Encum (65), lansia warga Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, sudah bisa menikmati hasil renovasi rumahnya berkat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Lansia.

"Hatur nuhun, rumah saya jadi bagus, ada kasur, lemari serta yang lainnya. Saya bahagia sekali", ungkap Encum bahagia.

Bantuan Rehabilitasi Sosial RTLH diberikan Kementerian Sosial dengan memperbaiki atau merenovasi sebagian maupun seluruh bagian rumah, terutama atap, lantai, dinding, dan WC. 
 
Tujuannya yakni mengembalikan keberfungsian sosial penerima perbaikan kondisi rumah, meningkatkan hunian yang layak dan lebih berkualitas, meningkatkan kenyamanan. Selain itu juga menumbuhkan nilai gotong royong dan kesetiakawanan sosial karena prosesnya dikerjakan dengan partisipasi masyarakat sekitar.

Sementara di tempat lain, Pak Darwah, lansia warga Desa Ciandum, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, juga menyampaikan terima kasih dan rasa senang mendapatkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial. Di usianya yang lanjut, ia membutuhkan kacamata untuk beraktivitas sehari-hari.

"Terima kasih atas bantuan ini. Saya terharu sudah mendapatkan bantuan kacamata", tutur Darwah.

Bersamaan dengan itu, 101 lansia lainnya juga menerima bantuan ATENSI yang disalurkan melalui Sentra Wyata Guna Bandung berupa bantuan aksesibilitas (Kursi Roda 22 buah,  Alat Bantu Dengar 11 buah, Tongkat Kaki Tiga 7 buah serta  kacamata sebanyak 5 buah), bantuan kebutuhan dasar dan nutrisi (beras, minyak goreng, sarden, nutrisi, susu, vitamin C, kayu putih, balsem sebanyak 101 paket, termasuk bantuan sembako bagi 9 orang lansia yang tidak mendapatkan bantuan Program Kartu Sembako), dan sandang (mukena dan sajadah 89 paket, sarung dan sajadah 12 paket).

Selain itu di Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, bantuan ATENSI juga telah disalurkan melalui Sentra Phalamartha Sukabumi senilai total Rp228.926.000 untuk 401 orang lansia yang tersebar di 5 desa yaitu Desa Cikuya, Cintabodas, Cipicung, Mekarlaksana, dan Bojongsari.

Bantuan terdiri dari bantuan nutrisi dan sandang, bantuan aksesibilitas (Tongkat Kaki Tiga 9 unit, Tongkat Sensorik 1 unit, Kursi Roda 8 unit, Alat Bantu Dengar 15 unit, Kacamata 8 buah), perlengkapan Rutilahu serta, bantuan renovasi Rutilahu.

Sesuai dengan arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam sambutannya di HLUN 2022, bahwa kebijakan-kebijakan termasuk pemberian bantuan pada lansia berorientasi meningkatkan kualitas hidup lansia. 

"Kemensos memberikan perhatian kepada lansia yang hidup sendiri dan secara ekonomi kekurangan. Karena mereka adalah tanggung jawab negara," katanya.

Acara Puncak HLUN 2022 dilaksanakan di halaman RS. Singaparna Medika Citrautama (SMC) Tasikmalaya (29/5) dan 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Acara dihadiri anggota Komisi VIII DPR RI, Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati Tasikmalaya dan Forkompimda Tasikmalaya.

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI 

Penulis :
Tutik Inayati

Bagikan :