Balai Anak "Rumbai" Gelar Dukungan Keluarga Anak Disabilitas di Siak

Balai Anak "Rumbai" Gelar Dukungan Keluarga Anak Disabilitas di Siak
SIAK (10 April 2021) - Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru sebagai UPT Kementerian Sosial RI melakukan kegiatan home visit dan Verifikasi Data Penerima Manfaat sekaligus penyaluran dukungan pemenuhan hidup layak Program ATENSI kepada 60 anak penerima manfaat di Kabupatan Siak, Provinsi Riau. Penerima bantuan tersebut meliputi 36 Anak Penyandang Disabilitas, 7 anak ABH, dan 2 Anak dengan HIV/AIDS (ADHIV) di Kabupaten Siak, yang dilaksanakan pada Kamis (8/4) s.d. Sabtu (10/4).

Pelaksanaan pemberian dukungan pemenuhan hidup layak berupa paket stimulan nutrisi dilakukan secara door to door , sedangkan secara simbolis, penyaluran bantuan diberikan kepada 35 anak penyandang disabilitas. Kegiatan berlangsung di Aula LKS Fajar Amanah, Perawang, Kabupaten Siak.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia Dinas Sosial Kab. Siak, Rio, menyambut baik Program ATENSI anak penyandang disabilitas yang dilakukan Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru "Kegiatan ATENSI ini sangat membantu sekali dalam kondisi masa pandemi Covid-19, sangat dibutuhkan sekali untuk kebutuhan gizi anak kita saat ini."

Selain memberikan stimulus nutrisi, petugas juga menggelar dukungan keluarga (family support). Kepala Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru, diwakili oleh Kasi Layanan Rehabilitasi Sosial, Suyono berharap, "Kegiatan family support ini semoga bisa memberikan penguatan kepada keluarga supaya anak bisa tumbuh kembang di tengah masyarakat dan bisa mandiri. Kegiatan ini tidak berhenti di sini saja tetapi akan berlanjut dengan kegiatan dan pelayanan lainnya sesuai dengan hasil asesmen."

Sementara itu, hasil rapid asesmen terkait kebutuhan komponen ATENSI oleh petugas, Abi Ortega mengungkapkan, "Penerima manfaat sebagian besar membutuhkan akses dan bantuan kebutuhan pendidikan untuk sekolah. Mereka juga membutuhkan akses untuk pemeriksaan kesehatan dan derajat kedisabilitasan."

Pihak keluarga sangat berterima kasih kepada Balai Anak "Rumbai" di Pekanbaru dengan Program ATENSI ini, "Terimakasih bapak, bantuan ini sangat membantu apalagi di masa pandemi ini karena pendapatan untuk kebutuhan anak berkurang"

Program ATENSI ini akan berkelanjutan dengan bentuk kegiatan lainnya seperti dukungan aksesbilitas kebutuhan anak disabilitas dalam bentuk akses kursi roda, alat dengar, dan sesuai kebutuhan PM, dan Anak dengan HIV/AIDS untuk aksebilitas tes CD4 dan lainnya.

Melalui kegiatan family support,  petugas memberikan penguatan kepada orangtua serta memotivasi anak dan orangtua. Terkait komponen ATENSI Anak, jika dibutuhkan untuk bimbingan psikologi bagi anak korban, Balai Anak "Rumbai" siap membantu melakukan pendampingan kasus dan pengutan kepada kelurga.

Penulis :
Humas Balai Anak Rumbai Pekanbaru
Editor :
Annisa YH

Bagikan :