Bantuan ATENSI Kemensos bagi Lansia di Demak

  • Bantuan ATENSI Kemensos bagi Lansia di Demak
  • 16381640133933
  • 16381640109365
DEMAK (23 November 2021) — Dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan ketelantaran, Kementerian Sosial Republik Indonesia telah menginisiasi beberapa program bantuan kepada masyarakat kurang mampu, salah satunya ialah bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi Lanjut Usia (LU).

Melalui Balai “Budi Dharma” di Bekasi, bantuan Atensi LU juga disalurukan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di beberapa Kabupaten / Kota di Provinsi Jawa Tengah, diantaranya Kabupaten Demak melalui Yayasan Darul Falaah, Dusun Balongmiri RT.03 RW.02 Desa Jragung, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak.

Bantuan ATENSI diberikan secara langsung kepada penerima bantuan melalui transfer ke rekening masing-masing lanjut usia, dimana masing-masing lanjut usia akan menerima Buku Tabungan, Kartu ATENSI,  Kartu ATM beserta pin. 

Dalam proses penyaluran ini, pihak lembaga diwakili oleh Ketua Yayasan Darul Falaah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Mranggen dan Bank Mandiri Cabang Demak selaku Bank yang ditunjuk oleh Bank Mandiri Pusat terkait teknis dan persyaratan administrasi yang harus dilengkapi dalam penyaluran / pendistribusian bantuan.

Pada hari Rabu (17/11/2021) Bank Mandiri KCP Mranggen dibantu oleh Devisi Sosial Bank Mandiri Cabang Pemuda datang ke Yayasan Darul Falaah Demak untuk menyerahkan secara langsung Buku Tabungan, Kartu ATENSI, Kartu ATM dan pin kepada 16 lansia. Para lansia, bantuan yang diberikan langsung di lembaga. Begitu juga Pada hari Kamis (18/11/2021) Divisi Sosial Bank Mandiri Cabang Demak juga menyerahkan secara langsung bantuan ATENSI bagi 24 lansia dengan mekanisme yang sama.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Darul Falaah, Baihaqi menyampaikan bahwa lembaga berkomitmen untuk mendampingi penyaluran bantuan ATENSI ini mulai dari pengusulan, pencairan, pemanfaatan bantuan hingga pelaporan dan pertanggungjawaban. 

Selain itu, Baihaqi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Bank Mandiri karena dengan sukarela mau datang secara langsung ke lembaga untuk membantu proses pembukaan rekening, penyerahan buku tabungan, kartu ATENSI, ATM dan pencairan dana, sehingga proses penyerahan bantuan ini berjalan dengan lancar. 

“Karena jujur kita tidak bisa membayangkan betapa susahnya proses ini jika kami harus mengajak lansia datang langsung Ke Bank, dengan kondisi yang sebagian besar para lanjut usianya berjalan saja harus di papah (digandeng). Pokoknya terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah ikut andil untuk mempermudah proses penyaluran bantuan ATENSI ini”, Kata Baihaqi.

“Saya beserta Tim case manager Yayasan Darul Falaah akan senantiasa tulus mendampingi proses pembelanjaannya sesuai dengan asesmen yang telah dilakukan sebelumnya”, tambahnya.

Zumroh, atau yang akrab di sapa mbah Zum selaku salah satu penerima bantuan, menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI, dan tim manajer kasus Yayasan Darul Falaah dan sangat berharap bantuan seperti ini terus berjalan. Harapannya kebutuhan nutrisinya tetap dapat terpenuhi dengan adanya program dari Kemensos seperti ini.

“Kulo Mbah Zum, matursuwun sampun diperhatike diparingi bantuan susu kaleh nutrisi, mugi-mugi Allah maringi piwales ingkang sae. Kalian tambahan nutrisi niki mugi-mugi mbahe saged diparingi kuwarasan”, Ujar Mbah Zum

Penyerahan bantuan ini dihadiri oleh Yuda selaku Divisi Sosial Bank Mandiri Cabang Pemuda Semarang, Faiz  dari Divisi Sosial Bank Mandiri Cabang Demak bersama satu 1 stafnya. Selain itu hadir juga Baihaqi selaku Ketua Yayasan Darul Falaah beserta Tim Manager kasus (Case Manager) Yayasan Darul Falaah.

Penulis :
Humas Balai Budhi Dharma Bekasi
Editor :
David
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :