Berkinerja Memuaskan dan Beri Layanan Terbaik untuk Masyarakat, Kemensos Borong 4 Penghargaan

Berkinerja Memuaskan dan Beri Layanan Terbaik untuk Masyarakat, Kemensos Borong 4 Penghargaan
Penulis :
Alif Mufida Ulya
Penerjemah :
Alif Mufida Ulya

JAKARTA (12 Juni 2023) - Kementerian Sosial menerima empat penghargaan sekaligus dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait dengan manajemen ASN secara umum di Gedung Aneka Bhakti (GAB) Kemensos, Jakarta, Senin (12/6).

Empat penghargaan itu terdiri dari satu penghargaan dari KASN atas Hasil Pengukuran Tingkat Kepatuhan Pelaksanaan Nilai Dasar, Kode Etik dan Kode Perilaku (NKK) melalui Instrumen Maturitas NKK (IM-NKK).

Sementara, tiga lainnya dari BKN atas kategori utama, yiatu; implementasi Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), manajemen ASN terbaik; peringkat 1 kategori Pengembangan Kompetensi; dan peringkat 5 kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan Computer-Assisted Test (CAT).

Penghargaan diberikan KASN dan BKN sebagai apresiasi terhadap Kemensos dalam manajemen ASN sepanjang tahun 2023. Kemensos dinilai mampu membangun dan menyosialisasikan sistem pada seluruh ASN-nya, serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Penghargaan ini tidak lepas dari kepemimpinan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam memastikan penguatan kinerja pegawai dan meningkatkan layanan terhadap masyarakat. Penghargaan ini juga merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pegawai.

Dengan adanya penghargaan ini, Mensos meminta jajarannya untuk tidak berpuas diri. Justru hal ini merupakan pemicu motivasi baginya dan jajaran untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, perjuangan yang selama ini kita kerjakan, ada apresiasi untuk kami di Kemensos. Namun, ini juga jadi pemicu supaya kami tidak puas di sini. Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," kata Mensos.

Menurutnya, hal itu kerap ia tekankan kepada pegawai ASN dan Non-ASN di lingkungan Kemensos. "Itu yang terus saya sampaikan bahwa tujuan utama kita bekerja di sini adalah bagaimana kita bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua KASN Agus Pramusinto. Menurut dia, penghargaan ini merupakan apresiasi untuk Kemensos atas kinerja yang luar biasa. “Setidaknya, hal yang kami nilai adalah bagaimana Kemensos membangun sistem, kemudian juga disosialisasikan dan diterapkan pada ASN di lingkungan itu," kata Pramusinto usai menyerahkan penghargaan, Senin (12/6).

Ia menyebut pengukuran tingkat kepatuhan NKK, pada dasarnya adalah model pengawasan yang dirancang untuk mendorong aktivasi pelaksanaan NKK oleh instansi pemerintah, untuk mencegah, serta melindungi pegawai ASN dari perilaku yang tidak sejalan dengan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN.

Sebagai kelanjutan bagian akhir dari pengumuman hasil pengukuran tingkat kepatuhan NKK tahun 2022 tersebut, KASN menyerahkan sertifikat hasil pengukuran kepada Kemensos sebagai salah satu instansi pemerintah yang memperoleh hasil predikat maksimal yaitu PATUH, dengan total skor 373 atau indeks 0,93.

Diserahkannya penghargaan bukanlah akhir, "tetapi yang penting adalah keberlanjutan layanan yang betul-betul dirasakan masyarakat," ujarnya menambahkan.

Hal ini sebagaimana diamanatkan Presiden Joko Widodo agar demokrasi berdampak pada layanan masyarakat. "Mudah-mudah dengan kepemimpinan Ibu Risma, layanan Kemensos betul-betul dirasakan manfaatnya," katanya.

Pencapaian Kemensos ini mendapat dukungan dari Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi yang turut hadir pada penyerahan penghargaan, Senin (12/6). Ia menyatakan bahwa capaian Kemensos merupakan proses panjang kerja keras, dedikasi dan komitmen segenap jajaran Kemensos dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pihaknya bersama anggota Komisi VIII DPR RI kerap menyaksikan langsung kinerja Kemensos di lapangan. "Saya sendiri sangat merasakan bahwa luar biasa kehadiran Kemensos melalui UPTnya di daerah, begitu cepat merespon kasus-kasus di masyarakat," ungkap Ashabul.

Apalagi, lanjutnya, Kemensos ini adalah kementerian yang lebih banyak fokus terhadap pelayanan-pelayanan sosial. "Oleh karena itu, saya berharap penghargaan ini menjadi pemicu dan semangat teman-teman ASN di lingkup Kemensos untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI
Bagikan :