Dapat Bedah Rumah dan Warung dari Mensos Risma, Lansia Kaget Prosesnya Cuma 1 Jam

Dapat Bedah Rumah dan Warung dari Mensos Risma, Lansia Kaget  Prosesnya Cuma 1 Jam
Penulis :
Faisal Grahadi Wibowo

PANDEGLANG (17JUNI 2024) - Sore hari itu, Jumat 14 Juni 2024  mungkin menjadi hari  yang tak akan   pernah terlupakan bagi Waluyo (64), warga Kampung Ciwalet,  Kelurahan Sukaratu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Banten.  Bagaimana tidak, Waluyo kaget ketika tiba-tiba mendapat kabar dirinya masuk program bedah rumah Kemensos. Tak hanya itu yang membuat Waluyo kaget. Prosesnya sangat cepat. “Hanya satu jam setelah ditelepon, tim bedah rumah dari Kemensos langsung datang,” ungkap Waluyo kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mengunjungi rumahnya, Jumat 14 Juni 2024.

Waluyo tinggal di rumah semi permanen tersebut bersama istri dan anak bungsunya. Rumah separuh tembok dan atasnya bilik  bambu itu terdiri  dari tiga kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 kamar mandi.  Sejak tahun 1986 atau 38 tahun lalu, rumah itu belum pernah diperbaiki. Karena itu tidak heran jika rumah tersebut  tampak kusam. Tiang kayu dan dinding bambu terlihat lapuk di beberapa bagian, sedangkan atap genteng bocor di sana-sini.  “Karena itu kami sangat bersyukur mendapat program bedah rumah. Rumah yang kami tempati menjadi bagus dan layak huni,” kata  Waluyo.

Selain perbaikan rumah, Waluyo juga mendapat bantuan kewirausahaan berupa warung yang buka di depan rumahnya. Warung tersebut menyediakan nasi uduk, es kelapa muda serta  menyediakan aneka jajanan dan minuman. “Setahun lalu pernah membuka warung kecil-kecilan, namun bangkrut dan kekurangan modal. Sekarang Alhamdulilah dibantu Kemensos, bahkan dibantu pula dalam mengelola keuangan. Insyaallah bisa maju dan berkembang,” kata Waluyo penuh optimis seraya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menyambangi  warungnya.

Perbaikan rumah dan bantuan kewirausahaan warung tersebut diberikan kepada Waluyo dalam rangka Bakti Sosial Kementerian Sosial yang diadakan di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Salah satu kegiatan Bakti Sosial tersebut adalah membangun Rumah Sejahtera Terpadu (RST) yang diberikan kepada tiga  penerima, dan  Waluyo merupakan salah seorang penerimanya. Bantuan RST untuk Waluyo dipadukan dengan bantuan kewirausahaan karena Waluyo sudah memiliki embrio usaha. Saat ini rumah Waluyo sedang dalam proses perbaikan tim Kemensos yang dilakukan secara bergotong-royong oleh Tagana dan perangkat kelurahan beserta masyarakat sekitar.
Bagikan :