Gelar Bakti Sosial di Lebak, Mensos Risma Berikan Bantuan Untuk PENA MUDA

Gelar Bakti Sosial di Lebak, Mensos Risma Berikan Bantuan Untuk PENA MUDA
Penulis :
Annisa

LEBAK (17 Juni 2024) - Menteri Sosial Tri Rismaharini menggelar bakti sosial,selain memberikan bantuan pelayanan kesehatan, operasi katarak, pengelolaan instalasi air bersih, dan rumah sejahtera terpadu (RST), Mensos Risma juga memberikan bantuan pemberdayaan salah satunya  melalui bantuan program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) Muda pada Jum'at (14/6) di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Bantuan PENA Muda ini diberikan kepada anak muda berusia 20-30 tahun namun belum mempunyai pekerjaan atau ststus pekerjaanya sebagai buruh, yang orang tuanya penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). " Saya membuat program yang namanya pahlawan ekonomi nusantara (PENA), yang anggotanya anak-anak muda saya ambil mereka dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Dikeluarga mereka yang mereka anak-anak usia bekerja antara usia 22-30 namun mereka belum bekerja atau mereka bekerja keterannganya sebagai buruh," Kata Mensos Risma dihadapan para wartawan setelah memberikan bantuan PENA muda di Kecamatana Cipanas, Lebak, Banten. 

Mensos Risma mengatakan, mereka yang mendapatkan bantuan sebelumnya dikumpulkan dan dilakukan asesmen untuk mengetahui potensi minat usahanya kemudia baru diberikan modal usaha. "Dari DTKS kita kumpulkan mereka yang berminat dan kita bantu untuk usaha," tambah Mensos Risma.

Rizal Mustari (23), Salah seorang penerima bantuan yang sebelumnya telah mempunyai usaha bengkel namun terkendala modal untuk mengembangkan usahanya. Rizal  mendapatkan bantuan modal usaha Rp. 4.9 juta, dan dengan bantuan tersebut akan digunakan untuk mengembangkan usaha bengkelnya. “Mendapat PENA muda dalam betuk tunai buat modal usaha.Saya udah punya usaha bengkel cuma kekurangan dana," Kata Rizal

Mensos Risma mengatakan akan memantau perkembangan usaha para penerima bantuan selama empat bulan kedepan. Rizal merasa optimis usaha bengkelnya akan semakin berkembang berkat bantuan yang diterimanya. "Yakin saya karena sekarang-sekang juga sudah sedikit-sedikit nambah-nambah gitu usahanya  semenjak ada bantuan itu membantu saya untuk lebih lengkap lagi perlengkapan (bengkelnya)," Kata Rizal dengan percaya diri.

"Terimakasih ibu menteri atas bantuannya, doain supaya sukses seperti ibu, sukses usaha saya biar lebih maju kedepannya," Kata Rizal

Bagikan :