Hari Anak Nasional (HAN), BBPPKS Yogyakarta Laksanakan Penyuluhan Sosial Keliling di Lombok Timur

  • Hari Anak Nasional (HAN), BBPPKS Yogyakarta Laksanakan Penyuluhan Sosial Keliling di Lombok Timur
  • 16230678023651
  • asf
  • 16201232613772
  • 16359394076962
LOMBOK TIMUR (30 Juli 2022) - Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 yang dipusatkan di Selong Kabupaten Lombok Timur, BBPPKS Yogyakarta melaksanakan kegiatan Penyuluhan Sosial Keliling di empat wilayah di Kabupaten Lombok Timur pada Sabtu, (30/07/22).

Penyuluhan Sosial Keliling mengangkat tema “Mengasuh Anak yang Baik, Stop Kekerasan Terhadap Anak, Hindari Perkawinan Dini dan Cegah Terjadinya Stunting” dilaksanakan di  Kecamatan Wanasaba, Kecamatan Labuhan Haji, Kecamatan Sukamulya dan Kecamatan Suralaga. Sasaran dari penyuluhan adalah orang tua wali murid, ibu-ibu KPM PKH, Kader Posyandu, Kader PKK, Kader Pembangunan Desa, PLKB, Tenaga Kesehatan Kecamatan dan Pendamping PKH.

Sebelumnya, pada Jumat (29/07/2022) tim BBPPKS Yogyakarta yang terdiri dari tiga orang personil yakni RM Agung Hardiyanto (Penyuluh Sosial Madya), Pantyo Nugroho Probokusumo (Penyuluh Sosial Madya) dan Sri Sugiyarti (Peksos Ahli Madya) melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur.

Dalam kegiatan Penyuluhan tersebut, Tim BBPPKS Yogyakarta menyampaiakan mengenai sosialisai pola asuh anak yang benar; Peran keluarga dalam pembentukan perilaku anak secara dini; Dampak pernikahan dini; serta Enam Langkah pencegahan stunting pada anak (pemeriksaan kehamilan secara rutin, pemenuhan asupan nutrisi, mencukupi konsumsi zat besi, membiasakan diri untuk pola hidup bersih dan sehat, bahaya asap rokok, olah raga teratur). Penyuluhan diakhir dengan dialog serta diskusi antara pemateri dan peserta.

Selain melaksanakan Penyuluhan Sosial, tim BBPPKS Yogyakarta juga mengadakan berbagai lomba untuk  anak-anak KPM PKH di lingkungan perkampungan nelayan pesisir pantai di Kecamatan Labuhan Haji. Berbagai lomba seperti balap karung, lomba makan kerupuk, permainan tradisional, permainan bola anak-anak diselenggarakan sebagai bentuk berbagi kebahagiaan.  Diharapkan anak-anak KPM PKH di tersebut juga dapat menikmati kemeriahan Hari Anak tahun 2022.

Pada puncak acara Hari Anak Nasional 2022, Senin (01/08/22) direncanakan akan dilaksanakan pemeriksaan dan pemasangan Alat Bantu Dengar (ABD) untuk 56 anak bertempat di RSUD R Soedjono, Selong, Kabupaten Lombok Timur. Selanjutnya juga akan dilaksanakan khitan massal untuk 50 orang anak dan digelar pula berbagai  permainan tradisional di Pendopo Kabupaten Lombok Timur.

Penulis :
Humas BBPPKS Yogyakarta
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :