HLUN ke-26 di Kecamatan Puspahiang, Mensos Ajak Generasi Muda Rawat Lansia

HLUN ke-26 di Kecamatan Puspahiang, Mensos Ajak Generasi Muda Rawat Lansia

PUSPAHIANG (29 Mei 2022) - Meriahnya acara Puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 26 Tahun 2022 dirasakan para Lansia di Kantor Kecamatan Puspahiang pada Minggu, (29/5). Generasi muda pun terlibat dalam memberikan pelayanan kepada lansia.

 

HLUN ke 26 Tahun 2022 yang digelar serentak di 39 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya ini menarik banyak perhatian, karena Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung menyapa secara virtual 39 Kecamatan tersebut.

 

Dalam sambutan Mensos Risma saat berada di RS Singaparna Medical Center (SMC) yang disiarkan secara virtual mengatakan bahwa Kementerian Sosial tidak bekerja sendiri, "Jadi ini adalah gotong royong. Bantuan dari semua pihak, semua orang baik di Indonesia," tuturnya.

 

Kecamatan Puspahiang menjadi salah satu lokasi digelarnya HLUN ke 26. Dalam acara puncak ini, Kementerian Sosial menyerahkan bantuan sosial kepada 309 lansia di Kecamatan Puspahiang dengan total Rp. 338.226.000.

 

Bantuan terdiri dari bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan nutrisi, bantuan alat bantu bagi lansia, bantuan kewirausahaan dan bantuan renovasi bagi rumah lansia yang tidak layak huni (Rutilahu).

 

Di Kecamatan Puspahiang, lansia juga diberikan layanan perekaman data e-KTP dan layanan konsultasi kesehatan. Satu lansia juga difasilitasi untuk melakukan operasi katarak di RS SMC.

 

Tidak kalah meriah, ada juga lansia yang unjuk kebolehan memainkan alat musik yang dikenal dengan kesenian tradisional Garinding Kecapi Suling dari dari Desa Pusparahayu. Penampilan ini mereka persembahkan untuk memeriahkan HLUN ke 26.

 

Mensos Risma berpesan bahwa generasi muda juga bisa merawat lansia. "Anak muda jika diajak pasti mau. Bayangkan, Orang tua kita merawat kita saat bayi tanpa beban, jadi saatnya kita merawat mereka para orang tua lansia. Karena kita juga akan mengalami hal yang sama, yaitu menjadi lansia," ungkapnya.

 

Sejalan dengan hal itu, Camat Puspahiang, Ari Pitriadi menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendampingi lansia. "Ini bentuk Negara hadir di tengah-tengah kita. Urusan orang tua adalah urusan kita bersama," katanya.

 

Dalam acara puncak peringatan HLUN ke 26 Tahun 2022 di Kecamatan Puspahiang, hadir Kepala Sentra Budi Perkasa Palembang, tim Sekretariat Ditjen Rehsos Kemensos, Camat Puspahiang, Kapolsek Puspahiang, Kepala MUI Puspahiang, Kepala KUA, Kepala APDESI, Kepala Forum Pondok Pesantren dan Para Kepala Desa.


Penulis :
Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :