Tingkatkan Peran dan Fungsi, PSM Seluruh Indonesia Kunjungi Sentra Mulya Jaya

Tingkatkan Peran dan Fungsi, PSM Seluruh Indonesia Kunjungi Sentra Mulya Jaya

JAKARTA (25 Oktober 2022) - Sentra "Mulya Jaya" di Jakarta menerima kunjungan dari perwakilan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dari Seluruh Indonesia yang berjumlah 45 orang didampingi oleh Tim Pokja Pekerja Sosial dan PSM Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial (Ditjen Dayasos) Kementerian Sosial.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi PSM sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) khususnya dalam penanganan respon kasus.

Kegiatan diawali dengan penjelasan secara singkat dalam maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut oleh Qoriah, perwakilan dari Ditjen Dayasos. Kepala Sentra "Mulya Jaya" Jakarta, Adrianus Alla memperkenalkan secara singkat tentang tugas, pokok, dan fungsi Sentra "Mulya Jaya" Jakarta. Selain itu, Kepala Sentra yang biasa disapa Adri juga berharap dengan adanya kunjungan langsung ke Sentra Mulya Jaya dapat memberikan wawasan yang baru dan mempererat kerjasama untuk memberikan layanan langsung bagi PPKS.

"Terima kasih atas kedatangan para PSM, saya berharap dengan adanya kegiatan kunjungan ini dapat menambah wawasan dan semakin terjalin kerjasama yang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan terhadap PPKS" ujar Adri.

Para PSM juga melakukan tanya jawab dengan Kepala Sentra sekaligus berkoordinasi tentang bagaimana melaksanakan respon kasus dan penyelesaian terhadap penanganan kasus-kasus yang pernah dihadapi di lapangan.

Selanjutnya, para PSM diajak oleh Kepala Sentra berkeliling melihat sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Sentra Mulya Jaya serta berkesempatan secara langsung meninjau aktivitas PPKS residensial yang sedang mengikuti kegiatan Pelatihan Vokasional.

Kegiatan Peningkatan Peran dan Fungsi PSM ini diselenggarakan oleh Ditjen Dayasos selama 5 hari bertempat di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi yang diikuti oleh 89 PSM perwakilan dari seluruh Indonesia. Pada kegiatan ini, PSM juga mengunjungi Puskesos Kemensos RI yang berlokasi di Bogor. Selain kegiatan kunjungan peserta juga diberikan pelatihan dan berbagai materi tentang penanganan PPKS oleh narasumber yang sudah berpengalaman.


Penulis :
Humas Sentra Mulya Jaya di Jakarta
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :