Kemensos Cairkan Rp42,9 Miliar untuk Tali Asih Tagana

Kemensos Cairkan Rp42,9 Miliar untuk Tali Asih Tagana
JAKARTA (30 Juli 2021) - Kementerian Sosial telah mencairkan tali asih untuk Taruna Siaga Bencana (Tagana) sebesar Rp42,9 miliar yang ditransfer langsung ke rekening masing-masing anggota melalui salah satu bank pemerintah.

“Tali asih ini diberikan kepada 26.050 orang. Mereka adalah Tagana aktif yang diusulkan by name by address (BNBA) oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi dan telah melalui penilaian berjenjang mulai dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota,” kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, maksud pemberian tali asih ditujukan hanya kepada Tagana yang aktif adalah agar fair, "Karena aku ngga mau ada Tagana yang hanya terdaftar, ngga pernah ke lapangan, tapi diberi tali asih," tegas dia.

“Masing-masing Tagana mendapatkan tali asih sebesar Rp1,5 juta untuk enam bulan, ditambah dengan insentif sebesar Rp150 ribu rupiah. Jadi, setiap Tagana menerima Rp1.650 ribu,” papar mantan Walikota Surabaya dua periode itu.

Mensos Risma berharap insentif tali asih ini dapat meningkatkan motivasi dan kesiagaan relawan Tagana yang tersebar di seluruh Indonesia dalam memberikan bantuan darurat kepada korban bencana. 

Relawan Tagana sendiri merupakan relawan sosial terlatih atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dengan kepedulian tinggi dan aktif dalam penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana ini meliputi kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, serta rehabilitasi.

Penulis :
Alek Triyono (OHH Ditjen Linjamsos)
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :