Kemensos Salurkan 195 Paket Bantuan ATENSI di Sakra, Lombok Timur

Kemensos Salurkan 195 Paket Bantuan ATENSI di Sakra, Lombok Timur

SAKRA (29 Juli 2022) –  Sebagai rangkaian memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, Kementerian Sosial RI melalui Sentra “Wirajaya" Makassar menyalurkan paket bantuan ATENSI  (Asistensi Rehabilitasi Sosial) di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebanyak 195 anak dengan total paket bantuan Atensi senilai Rp.155786.200 disalurkan secara bersamaan dengan mengumpulkan para penerima bantuan di Aula pertemuan Kantor Camat Sakra. Adapun bantuan Atensi yang disalurkan berupa paket perlengkapan sekolah, pemenuhan kebutuhan nutrisi dan vitamin anak, perlengkapan kebersihan anak, dan juga perlengkapan kebutuhan khusus anak.

Bantuan yang diberikan disesuaikan dengan hasil asesmen yang dilakukan oleh petugas asesmen dari tim Sentra Wirajaya, dan dibantu oleh Petugas Relawan Sosial (PRS) Provinsi NTB, serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sakra. Selanjutnya hasil asesmen ini pun disesuaikan dengan aplikasi SIKS – Mobile, sehingga dipastikan penerima bantuan tepat sasaran.

Pelaksana Tugas Kepala Sentra Wirajaya, Bambang Tri Hartono yang akrab disapa Bambang terus melakukan pemantauan terhadap kinerja tim Sentra Wirajaya yang berada di Sakra. Mulai dari proses asesmen sampai pada proses penyaluran bantuan .“Pastikan proses asessmennya dilakukan dengan baik, sehingga penyaluran bantuan tepat sasaran.” harapnya.

Lebih jauh, Bambang merasa bersyukur, bahwa paket bantuan Atensi sudah tersalurkan kepada anak-anak.“Paket bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HAN. Penyaluran ini pun untuk memastikan anak mendapat dukungan penuh agar terus tumbuh berkembang, hak-haknya terlindungi dan terpenuhi, hal ini tentu sejalan dengan tema HAN, "Anak Terlindungi, Indonesia Maju." ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Bambang juga mengucapkan terima kepada pemerintah setempat, petugas lapangan yang telah berkolaborasi untuk memastikan bantuan disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan.

Sementara itu, Camat Sakra, Lalu Dhedi Kusmana memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI melalui Sentra Wirajaya atas perhatian dan kepeduliannya kepada anak-anak di wilayah Kecamatan Sakra. Ia menyadari bahwa anak merupakan cerminan masa depan bangsa. “Penyaluran paket bantuan Atensi ini diharapkan menjadi stimulan dan pelecut motivasi bagi anak-anak Kecamatan Sakra untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mandiri", ucap Lalu Dhedi saat menyampaikan sambutannya.

Dihadapan ratusan anak dan juga orang tua yang turut hadir mendampingi anak penerima bantuan. Lalu Dhedi, bahkan menegaskan pentingnya peran keluarga dan orang tua untuk memperhatikan perkembangan anak agar tidak putus sekolah, dan para orang tua anak-anak harus punya perhatian penuh atas perkembangan dari anak-anaknya”, tegasnya.

Sementara itu, Bahrullah Hidayatullah salah satu anak penerima bantuan, merasa senang bisa menerima paket bantuan Atensi dari Kementerian Sosial RI. Dirinya tidak pernah menyangka bisa dapat paket bantuan berupa perlengkapan sekolah dan juga paket bantuan pemenuhan Nutrisi dan vitamin. “saya sangat bersyukur bisa menjadi penerima bantuan ini pak”, ujarnya singkat. 

Secara teknis, Sebelum dilakukan penyaluran paket bantuan Atensi, tim dari Sentra Wirajaya memberikan permainan bagi anak-anak. Nampak anak-anak merasa senang dan gembira mengikuti permainan yang disiapkan oleh tim Sentra Wirajaya. Mulai dari permainan kereta ular sampai pada permainan Tarik tambang dengan menggunakan sarung, serta baragam permainan lainnya. “Ini menjadi wadah tersendiri guna membagi keceriaan kepada anak-anak, mengingat kegiatan ini merupakan rangkaian dalam memeriahkan HAN” Ucap Budi Dharma Saputra salah satu petugas Tim Sentra Wirajaya.

Turut hadir dalam pemberian paket bantuan ATENSI diantaranya, Wakapolsek Sakra, Iptu Sarmin dan juga Nampak Hadir Pelda Haromain mewakili pihak Danramil Kecamatan Sakra.


Penulis :
Tim Kehumasan Sentra Wirajaya Makassar
Editor :
David Myoga

Bagikan :