Kemensos Salurkan Bantuan Layanan Sosial Kepada PPKS Karanganyar

Kemensos Salurkan Bantuan Layanan Sosial Kepada PPKS Karanganyar
Penulis :
BBPPKS Yogyakarta
Editor :
David

Karanganyar (18 September 2023) - Kementerian Sosial melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta, melaksanakan penyaluran bantuan layanan sosial kepada 93 orang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Karanganyar.

Kepala BBPPKS Yogyakarta Eva Rahmi Kasim menyampaikan bahwa penyaluran bantuan layanan sosial ini merupakan implementasi Kepmensos Nomor 221/HUK/2022 terkait fungsi balai diklat selain melaksanakan kediklatan juga melaksanakan layanan rehabilitasi sosial bagi PPKS, termasuk  penyandang disabilitas. Bantuan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak dan untuk memulihkan keberfungsian sosial PPKS.

Bantuan layanan sosial yang diterima oleh PPKS ini berupa pemenuhan kebutuhan dasar berupa Sembako, nutrisi, dan alat kebersihan diri, perlengkapan sekolah, sandang,  untuk alat bantu berupa : Kursi roda adaptif, Kursi roda standar, kursi roda anak, alat bantu dengar, bantuan kewirausahaan berupa  5 paket ternak ayam dan motor usaha  modifikasi roda 2 dengan nilai bantuan total sebesar Rp. 220.000.000 yang berasal dari program layanan ATENSI.

Bupati Kabupaten Karanganyar Juliyatmono menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Sosial melalui BBPPKS Yogyakarta atas dukungan dalam pemberian bantuan ini, terutama alat bantu  penyandang disabilitas, karena pemerintah daerah belum dapat memenuhi kebutuhan alat bantu yang banyak dibutuhkan di wilayah kerjanya itu. 

“kami juga akan terus mendampingi PPKS dalam pemanfaatan bantuan usaha yg diberikan” disampaikan Juliatmono

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar Sugeng Raharto dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga bantuan layanan sosial yang telah melalui tahap asesmen dan validasi dapat disalurkan sesuai dengan kebutuhan PPKS.

Selain itu Eva juga meminta agar Dinas Sosial tetap melakukan pemantauan dan memberikan bimbingan serta pendampingan  kepada penerima bantuan, khususnya bagi yang menerima bantuan kewirausahaan, agar usahanya dapat terus berkembang dan pada akhirnya dapat mandiri secara ekonomi dan sosial.

Suwarno peyandang disabilitas fisik salah satu penerima bantuan motor roda 2 modifikasi, sehari-hari berjualan bubur kacang hijau keliling dekat rumah menggunakan gerobak yang dimodifikasi dengan sepeda motor. 

“Saya berharap setelah mendapatkan bantuan ini penghasilan saya lebih baik dan bisa keliling lebih jauh tidak hanya disekitar sini saja tapi bisa keluar daerah” disampaikan Suwarno dalam acara penyaluran bantuan layanan sosial.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Karanganyar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar, Perwakilan Baznas, dan Kepala BBPPKS Yogyakarta.
Bagikan :