Kemensos Terus Berikan Layanan Dukungan Psikososial bagi Anak Korban Bencana Banjir Bima

Kemensos Terus Berikan Layanan Dukungan Psikososial bagi Anak Korban Bencana Banjir Bima
BIMA  (5 April 2021) - Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak melalui Balai Anak Paramita dan Satuan Bakti Pekerja Sosial Pendamping Anak Kabupaten Bima lakukan Layanan Dukungan Psikososial di Desa Naru Kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Sekretaris Desa, Desa Naru merupakan salah satu desa terdampak yang terdapat di Kecamatan Woha dengan kondisi 80% terdampak banjir mulai dari pemukiman warga hingga fasilitas sekolah. Adapun 3 desa lainnya yang terdampak antara lain: Desa Nisa, Desa Rabakodo dan juga Desa Perapale.

Sebelum action, tim Balai Anak Paramita melakukan koordinasi dengan beberapa stakeholder yang telah hadir di lokasi, diantaranya: Satuan Bakti Pekerja Sosial, Tagana, Dinas Kesehatan dipimpin oleh Kepala Balai guna menentukan peran masing-masing di lapangan.

Selanjutnya, Tim melakukan kegiatan LDP bersama 170 anak yang berada di sekitar posko bantuan bencana berusia Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Tim LDP Direktorat Anak, Balai Anak Paramita yang terdiri atas 5 orang didampingi Satuan Bakti Peksos Anak Kabupaten Dompu dengan cepat melakukan LDP guna mengurai kecemasan pada anak yang mulai timbul akibat bencana banjir yang di alaminya 3 hari yang lalu. Daerah ini merupakan salah satu kawasan yang terdampak banjir.  

Layanan Dukungan Psikososial yang diberikan oleh tim reaksi cepat merupakan salah satu bagian dari Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Anak. Wujud dari LDP yang diberikan oleh Tim berupa Ice Breaking dan membentuk Recreational Group.

"Anak-anak cukup antusias mengikuti LDP ini, antusiasme mereka tunjukkan dari pancaran kegembiraan mengikuti permainan-permainan yang diberikan. Tak hanya itu, mereka terlihat melupakan peristiwa yang menimpanya kemarin," tutur Edy Karyadi, salah satu petugas Ice Breaker.

Di lokasi tersebut, Ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini turut hadir untuk memberikan penguatan dan bernyanyi bersama anak-anak penerima LDP. Nampak Ibu Menteri senang melihat anak-anak riang bernyanyi.

Pada kesempatan itu pula, Kementerian Sosial memberikan barang bantuan berupa 10 Box makanan anak sehingga mereka menjadi lebih riang pasca mengikuti kegiatan. Adapun 1 paket bahan makanan berisi biskuit marie susu 3 pcs, biskuit malkist 3 pcs, biskuit rasa kelapa 2 pcs. 

I Ketut Supena, selaku Kepala Balai mengatakan, "Penting dilakukan kegiatan LDP agar anak-anak tumbuh keceriaannya dan bisa dengan cepat melupakan peristiwa yg menimpa mereka sebelumnya dan tidak menjadi trauma yg berkepanjangan."

Kartini, salah seorang anak peserta LDP mengatakan, "Terima kasih kakak-kakak dari Paramita Kementerian Sosial yang sudah peduli terhadap kami. Kami senang bisa main banyak permainan bersama teman-teman."

Kemudian, Tim Balai Anak Paramita Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak akan menyasar lokasi terdampak banjir lainnya guna memberikan Layanan Dukungan Psikososial dan memberikan barang bantuan kedaruratan berupa makanan siap saji, kasur dan matras.

Penulis :
Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial
Editor :
Annisa YH

Bagikan :