Kenang Jasa Para Pahlawan, Kemensos Bersama TNI AL Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Laut

Kenang Jasa Para Pahlawan, Kemensos Bersama TNI AL Gelar Upacara dan Tabur Bunga di Laut

JAKARTA (11 November 2022) - Di atas Geladak Helly KRI Semarang-594 yang berlayar dari Pelabuhan Angkatan Laut Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok menuju Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Kementerian Sosial bersama TNI Angkatan Laut menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 dan tabur bunga di laut. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI  Yudo Margono hadir sebagai Inspektur Upacara.

 

Kegiatan ini merupakan rangkaian rutin peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November 2022. Kegiatan yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB ini dilaksanakan untuk mengenang dan menghormati jasa, serta perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

 

"Pelaksanaan upacara dan tabur bunga di laut dalam rangka Hari Pahlawan ini juga menunjukkan bahwa negara kita negara maritim, negara bahari yang luas. Tantangan kepahlawanan kita tidak hanya di darat, tetapi juga di laut," kata Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial, Asep Sasa Purnama, yang hadir dalam kesempatan itu. Hadir pula dari Kemensos, Direktur Pemberdayaan Kelompok Rentan Kemensos, Dewi Suhartini.

 

Asep Sasa juga mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 yang bertema "Pahlawanku Teladanku" ini bertujuan untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan, memperkuat persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan rasa kecintaan, serta kebanggaan sebagai Bangsa dan Negara Indonesia.

 

Lebih lanjut, Asep menyampaikan, dalam menyambut peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022, Kemensos juga melaksanakan berbagai kegiatan, seperti seminar untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kontekstual tentang pahlawan kekinian, memberi bantuan dan layanan sesuai kebutuhan kepada keluarga pahlawan.

 

Asep berharap, semangat pahlawan ini bisa dirasakan di pulau-pulau terpencil. "Harapannya, ke depan, acara ini bisa dilaksanakan di pulau-pulau terpencil, sehingga semangat kepahlawan bisa merasuk dan menjalar ke seluruh penjuru negeri," katanya.

 

Sementara itu, Yudo Margono selaku Inspektur Upacara, menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Pahlawan yang diikuti oleh 340 personel TNI/Polri dan instansi terkait ini memiliki makna mendalam.

 

"Ini makna mendalam bagi generasi penerus, karena dengan keteladanan para pendahulu kita, para pejuang bangsa yang memiliki keikhlasan dan keberanian, serta jiwa pantang menyerahnya wajib kita teladani untuk kemajuan dan keamanan negara kita," katanya.

 

Sebagai penghargaan kepada para pahlawan, khususnya di TNI AL, Yudo telah membentuk Dinas Sejarah Angkatan Laut, yang tugas dan fungsinya mencari data sejarah pada zaman dahulu untuk kemudian diajukan kembali data pahlawan-pahlawan yang berjuang di laut.


Dalam acara ini, tampak Is Prasojo, veteran dari TNI AD yang ikut hadir pada upacara peringatan Hari Pahlawan 2022. Veteran, yang juga pernah berjuang saat perang di Timor Timur ini menaruh harapan besar kepada generasi muda.

 

"Saya berharap rasa juang anak muda ini diperkuat, semangat juang untuk kemajuan Indonesia, terutama tegakkan UUD 1945 dan Pancasila," tegasnya.

 

Tak hanya itu, Veteran yang memulai perjuangannya sejak tahun 1980 ini berharap generasi muda bisa wajib militer, atau yang saat ini disebut bela negara, agar memahami rasa kebangsaan.


Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI


Penulis :
Indah Octavia Putri

Bagikan :