Kolaborasi Kemensos bersama Dompet Dhuafa dan Si Bulan dalam Respon Darurat Kesehatan

  • Kolaborasi Kemensos bersama Dompet Dhuafa dan Si Bulan dalam Respon Darurat Kesehatan
  • IMG-20220326-WA0080
  • IMG-20220326-WA0081
  • IMG-20220326-WA0082
TEMANGGUNG (26 Maret 2022) - Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung mengembangkan jejaring respon darurat kesehatan. Upaya ini diwujudkan melalui kegiatan Sinkronisasi Respon Darurat Kesehatan Sentra dan Sentra Terpadu bersama Dompet Dhuafa dan Komunitas Siaga Ambulans Indonesia (Si Bulan).

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan update pengetahuan dalam upaya pengembangan sistem jejaring respon darurat kesehatan bagi warga rentan, membangun sistem layanan kedaruratan dan membangun jaringan relawan di wilayah Eks Kedu Raya (Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Semarang).

Pelaksana Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Rahmat Koesnadi mengungkapkan pihaknya menyambut baik kerjasama dalam rangka respon darurat kesehatan. 

Kementerian Sosial memiliki kendaraan ambulans dan tempat untuk memberikan layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi warga rentan seperti anak, lansia, penyandang disabilitas, pemulung hingga korban bencana alam maupun bencana sosial.

"Kami menyambut baik kerjasama ini. Kami berharap layanan dan fasilitas yang ada di Sentra Terpadu Kartini Temanggung dan Sentra-Sentra di Jawa Tengah lainnya bisa dimanfaatkan oleh warga rentan", ungkap Rahmat.

Rahmat menambahkan bahwa jika pasien/warga rentan butuh layanan ATENSI, bisa langsung hubungi Sentra Terpadu agar bisa segera ditangani. Layanan ATENSI juga tersedia di Jawa Tengah yaitu Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Sentra Antasena Magelang, Sentra Margo Laras Pati dan Sentra Satria Baturraden milik Kementerian Sosial.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Wastam mendukung kolaborasi antara Kementerian Sosial dengan Dompet Dhuafa dan Si Bulan. Dirinya mengakui Inisiasi kerjasama ini disambut baik oleh Kemensos. 

"Bagi teman-teman juga yang mengetahui ada kebutuhan mendesak dari warga rentan, silahkan diusulkan ke Kemensos. Misalnya seperti alat bantu bagi lansia dan penyandang disabilitas", tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Sentra Terpadu Kartini Temanggung juga menyerahkan bantuan ATENSI berupa kursi roda dan tongkat penuntun adaptif kepada Dompet Dhuafa dan Si Bulan dengan total Rp. 18.450.000,

Peserta Sinkronisasi ini terdiri dari para Pendamping Rehsos, Pendamping PKH, petugas Siaga Ambulans Indonesia Pusat, Jejaring Ambulans Kedu Raya, Jejaring Ambulans Magelang Raya dan Jejaring Ambulans Pantura.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Bupati Temanggung diwakili kepala Dinas Sosial, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa, Pimpinan Siaga Ambulans Indonesia, Koordinator Wilayah PKH.

Penulis :
Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :