Kreasi ATENSI: Wujudkan Agrowisata Lansia untuk Kawasan Ramah Lansia

  • Kreasi ATENSI: Wujudkan Agrowisata Lansia untuk Kawasan Ramah Lansia
  • 16127567812569
  • 16127567787455
BEKASI (6 Februari 2021) - Dalam upaya perkuat implementasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi lanjut usia, Kementerian Sosial RI melalui Balai Lansia “Budhi Dharma” Bekasi melaksanakan penanaman ubi jalar, hidroponik (akuaponik), pembuatan tong komposter bersama pegawai dan Penerima Manfaat (PM) memanfaatkan lahan seluas 280,63 meter sebagai Agrowisata Lansia.

Menindaklanjuti arahan Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Andi Hanindito bahwa salah satu bentuk pengembangan kawasan lanjut usia adalah mengembangkan agrowisata lanjut usia di seluruh Indonesia, salah satunya Balai Lansia “Budhi Dharma Bekasi.

Inovasi Balai Lansia “Budhi Dharma” Bekasi berupa pengembangan Agrowisata Lansia dengan konsep membuka ruang terbuka hijau menjadi kawasan ramah lansia dijadikan salah satu strategi menciptakan aktifitas produktif untuk mewujudkan PM mandiri, sehat dan aktif  di Balai Lansia “Budhi Dharma” Bekasi.

Agrowisata Lansia merupakan pengembangan lahan perkebunan milik Balai Lansia “Budhi Dharma” Bekasi yang telah dimanfaatkan sebagai terapi penghidupan PM dengan ditanami pohon jeruk, singkong, ubi jalar dan budidaya ikan lele.  Tersedianya lahan tidur yang belum dimanfaatkan secara maksimal kemudian di tahun 2021 dilakukan upaya pengembangan dengan konsep agrowisata lansia.

Kepala Balai Lansia “ Budhi Dharma, Pujiyanto menyampaikan bahwa agrowisata lansia Budhi Dharma mengusung konsep pemanfaatan lahan untuk tanaman produktif seperti ubi jalar, singkong, jeruk, cabai, aquaponik, taman dengan tempat duduk untuk lansia.

Selanjutnya, Pujiyanto menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mendampingi penerima manfaat  dalam memanfaatkan lahan yang ada agar ditanami tanaman produktif sebagai bentuk terapi psikososial dan menciptakan aktifitas produktif penerima manfaat.

Penerima Manfaat, Anwar lansia berumur 71 tahun mengungkapkan ketertarikannya menanam kangkung putih untuk mengisi waktunya dan akan menjaganya hingga panen.

Tanaman produktif seperti ubi jalar, singkong, jeruk, cabai, tanaman obat obatan bisa dimanfaatkan PM sebagai strategi bagi lanjut usia sesuai dengan fisiknya memanfaatkan waktu luangnya selama berada di Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi.

Akuaponik merupakan sistem pertanian modern dengan mengkombinasikan cara budidaya hidroponik dengan akuakultur dengan metode bercocok tanam tanpa media tanah pada hidroponik dengan  teknik pemeliharaan ikan yang dikembangkan dengan teknik akuakultur. Ikan dan tanaman diperlihara bersama dengan sistem simbiosis mutualisme. 

Sedangkan taman dengan tempat duduk dan penempatan komposter penuh warna kombinasi konsep agrowisata diharapkan mampu menjadikan tempat berinteraksi antar lansia menghilangkan kejenuhan selama berada di dalam wisma, penerapan terapi psikososial bagi pekerja  sosial dengan berbagi cerita, penanganan masalah dan berbagi pengalaman bersama sambil melihat keindahan kawasan agrowisata lansia.

Pembuatan tong komposter penuh warna sinergi pegawai Budhi Dharma dan PM dalam membuat tong komposter menjadi indah dengan dicat warna warni.

"Saya sangat senang bisa mengecat tong ini, nanti kalau sudah jadi pasti orang tertarik melihatnya," ungkap Rodi

Kombinasi lahan pertanian klasikal dan modern, perikanan, taman dan spot wisata dan relaksasi bagi lansia  berpadu dalam konsep agrowisata lansia sebagai kawasan ramah lansia di harapkan mampu mendukung pemenuhan hak lanjut usia agar lanjut usia berbasis residensial di Balai Lansia “Budhi Dharma” Bekasi mampu mandiri, sehat, aktif dan produktif.

Penulis :
Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :