Melalui HAN 2022, Anak-anak Dayak Meratus Merajut Asa yang Tak Boleh Putus

Melalui HAN 2022, Anak-anak Dayak Meratus Merajut Asa yang Tak Boleh Putus
BATANG ALAI TIMUR (1 Agustus 2022) – Kementerian Sosial melalui seluruh Direktorat Teknis memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2022, Peringatan HAN tahun ini tidak hanya dipusatkan di satu titik lokasi, tapi beberapa titik lokasi, baik Lombok Timur sebagai pusat peringatan, juga Lokasi-lokasi yang terdapat Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Mengangkat tema HAN Tahun 2022 “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, Menteri Sosial berharap agar semua anak Indonesia, dimanapun berada merasa terlindungi, sehingga mereka bisa bebas berkreasi, beraktifitas dan menjadi anak yang Bahagia. Tidak terkecuali anak-anak Dayak Meratus di Kecamatan Batang Alai, Hulu Sungai Tengah.

Di Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah bantuan dalam rangka HAN 2022 bantuan yang diberikan Kemensos berupa Nutrisi (susu, madu, kacang hijau, telur), Perlengkapan kebersihan diri (sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampo, handuk), Kebutuhan khusus anak (pampers, pembalut, pakaian dalam, perlengkapan bayi),    Pakaian anak, Perlengkapan sekolah (sepatu, tas, buku-buku)

Sebanyak 232 perlengkapan kebersihan diri disalurkan dalam rangkaian HAN 2022 (pasta gigi pepsoden,sikat gigi,sabun Lifebouy,shampo lifebouy, handuk). Perlengkapan tersebut diberikan pada  111 anak sekolah berupa handuk dan kebersihan diri, 91 untuk anak yang tidak sekolah berupa handuk, kebersihan diri & kaos serta pada 30 (bayi&balita) Berupa Handuk,pasta gigi kodomo,sabun kodomo,shampo kodomo,susu bubuk dancow,madu murni,biskuit regal)

Suku Dayak Meratus sebelumnya mendapat bantuan dari Kemensos mencakup bantuan Rumah, Solar-cell, Prokus kebun jagung, bibit ayam, dan benih ikan. Bantuan untuk Community Center (Balai Sosial) terdiri dari Sound system, Perlengkapan masak, Perlengkapan makan, Karpet.  Selain itu bantuan MCK, Penghijauan, Listrik Tenaga Surya di setiap rumah.

Saat ini anak-anak sudah merasakan kemudahan akses terhadap penerangan,karena telah ada aliran listrik, mereka bisa belajar di malam hari, comunty center sebagai sarana berkumpul warga untuk bermusyawarah dan kegiatan lain, juga sarana air bersih serta MCK.

Rangkaian kegiatan HAN tahun 2022 di Kecamatan Batang Alai Timur, diantaranya pelatihan peningkatan kemampuan keluarga dalam mencegah dan menangani stunting dan perekaman data kependudukan anak yang belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) di kantor kecamatan Batang Alai Timur, serta Peksos go to school di SD Hinas Kiri dan SMPN 25 Atap Hulu Sungai Tengah.

Dalam rangkaian HAN 2022 diserahkan juga bantuan ATENSI secara simbolis di lokasi KAT Danau Canting, desa Hinas Kiri. Bantuan yang diberikan perlengkapan sekolah (seragam sekolah, sepatu dan alat tulis), juga bantuan perlengkapan kebersihan diri.

Pada kegiatan puncak HAN Peserta anak-anak Berasal dari 4 Desa, yaitu desa Danau Canting (Kec BAT) induk desa Hinas Kiri, desa Sampai (Kec BAT) induk desa Hinas Kiri, desa Aniangau (Kec Hantakan) induk desa Hinas Kanan,dan desa Sungai Bumbung (Kec Hantakan) induk desa Hinas Kanan.

Hadir pula dalam kegiatan puncak HAN di Kecamatan Batang Alai Timur, Bupati Hulu Sungai Tengah, Forkopimda (Kapolres,Kepala Kejaksaan,Kepala Pengadilan,Dandim,Danyon, Ketua DPRD), serta SKPD (Kepala Dinas Sosial,Kepala Diskominfo,Kadis Dukcapil,Kadis Pendidikan,Kadis Kesehatan, Kadis PU PERA, Kadis Perpustakaan, Ketua Penggerak PKK).
 
Peringatan HAN tahun ini merupakan wujud optimisme bahwa anak-anak Indonesia yang berada dalam situasi dan kondisi sulit tetaplah anak-anak yang kuat dan gigih. Mereka dapat menggantungkan harapan setinggi mungkin. Dengan dukungan dari seluruh komponen bangsa, kita yakin bahwa harapan anak-anak Indonesia untuk menjadi anak-anak hebat akan terwujud.

Penulis :
Dit Pemberdayaan KAT-KS
Editor :
Humas Dayasos; Intan Qonita N

Bagikan :