Mensos Resmikan Sentra Kreasi ATENSI di Magelang

  • Mensos Resmikan Sentra Kreasi ATENSI di Magelang
  • WhatsApp Image 2021-06-06 at 03.48.24 (1)
  • WhatsApp Image 2021-06-06 at 03.48.24
  • WhatsApp Image 2021-06-06 at 03.48.23

MAGELANG (5 Juni 2021) - Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat meresmikan Sentra Kreasi ATENSI (SKA) "Antasena" di Magelang Sabtu (5/6). Ini merupakan SKA ke-3 yang diresmikan setelah SKA Pangudi Luhur Bekasi dan SKA Kartini Temanggung.

 

SKA yang merupakan pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional serta media promosi hasil karya penerima manfaat dalam satu kawasan di Antasena Magelang ini menyediakan cafe & restoart centerlaundrysalon & barbershop, sablon, home industry produksi roti, handycraft, bengkel sepeda motor, bengkel dan cuci mobil, service elektronik, bengkel las, aneka sayur hidroponik, budidaya ikan dan youth center.

 

SKA "Antasena" Magelang yang beralamat di jalan Magelang - Purworejo Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah ini menjadi media belajar bagi anak-anak penerima manfaat untuk mengasah keterampilan wirausaha yang mereka miliki. SKA juga menjadi wahana rekreasi dan terapi bagi anak-anak yang memerlukan perlindungan khusus.

 

Kedepan, balai-balai milik Kemensos akan bersifat multifungsi, "Balai ini dulu hanya menangani anak-anak yang memiliki masalah. Namun setelah saya amati, saya mencoba buat konsep balai harus multifungsi, tidak hanya melayani anak, tetapi juga lanjut usia, penyandang disabilitas, korban penyalahgunaan napza, serta tuna sosial dan korban perdagangan orang. Jadi mereka tidak perlu jauh-jauh melakukan rehabilitasi sosial," jelas Risma.

 

Kemudian, tambah Risma, setelah mereka lulus dari balai, Kemensos berfikir untuk mengembangkan Sentra Kreasi ATENSI untuk memberi wadah agar lulusan balai bisa merintis usaha di balai. Maka Balai-balai rehabilitasi sosial milik Kemensos perlu mengembangkan SKA ini.

 

Bupati Magelang, Zainal Arifin mengapresiasi upaya Kemensos ini. "Kami merasakan semangat luar biasa dalam menata tatanan sosial berbasis masyarakat dan rasa peduli antar sesama untuk mewujudkan kesejahteraan sosial. Kami mendukung dan kami siap menindaklanjuti arahan selanjutnya," ucap Zainal saat memberikan sambutan selamat datang kepada Mensos Risma.

 

Pada kunjungannya, Mensos sempat berdialog dengan penerima manfaat yang sedang berada di workshop bengkel dan cuci mobil. "Kamu gak usah khawatir. Orang pernah salah, tapi kalo salah lagi itu namanya orang bodoh. Kamu bukan seperti yang dulu. Cuma kamu yang bisa merubah, bukan orang lain. Percayalah bahwa Tuhan maha pengampun. Tuhan beri kita talenta, tunjukkan kamu bisa dipercaya," tutur Risma memberi nasihat dan semangat.

 

Mensos berkeliling mengunjungi beberapa lokasi seperti cafe dan resto yang menyediakan kopi dan makanan ringan. Risma juga mengunjungi bengkel motor dan bertemu dengan penerima manfaat serta salah satu alumni Balai "Antasena" yang kini menjadi Youtuber dengan jutaan subscriber dengan menampilkan konten tutorial reparasi motor.

 

Dalam acara peresmian ini, Mensos juga melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Indonesia Offroad Federation (IOF) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI). MoU dilaksanakan untuk melakukan kerjasama dalam hal penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.


Selanjutnya guna mendukung program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) masyarakat marjinal melalui konsep Reduce, Reuse, Recycle, Resale dan Reshare plus pengembangan nilai sosial, dilakukan penandatanganan MoU dengan  PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) dan Yayasan Kreatif Usaha Mandiri Alami (Kumala).

 

Selain penandatanganan MoU, Mensos juga menyerahkan bantuan ATENSI kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Marina Gunung Kidul untuk pengasuhan anak oleh orang tua asuh atau foster care. Penghargaan SKA Award diberikan kepada lulusan penerima manfaat berprestasi Balai "Antasena" Magelang, Siswanto atau akrab disapa Siboen yang kini telah menjadi Youtuber sukses.

 

Selepas kunjungan ke beberapa lokasi SKA, Mensos dan jajaran diajak untuk melihat pembibitan alpukat, panen ikan lele hingga ikut mencoba beberapa permainan anak seperti panahan dan wall climbing.

 

Prosesi peresmian SKA Antasena Magelang ini ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan pelepasan burung merpati oleh Mensos bersama dengan Anggota Komisi VIII DPR RI, Bupati Magelang dan pejabat eselon 1 Kemensos.

 

Kunjungan ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi VIII DPR RI, K.H.Muslich Zainal Abidin, Hj. Endang Maria Astuti, K.H Buchori Yusuf dan Wastam, Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Asep Sasa Purnama, Bupati Magelang Zainal Arifin, para Direktur di lingkungan Ditjen Rehabilitasi Sosial, Para Kepala Balai Besar/Balai/Loka Rehabilitasi Sosial, Kadinsos Provinsi Jateng, Kadinsos Kabupaten Magelang, serta Pengelola Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Pondok Pesantren Nurul Ichsan Al Islami, Ustadz Akhmad Maulana Ichsan.


Penulis :
Humas Ditjen Rehabilitasi Sosial
Editor :
David Myoga
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :