Mensos Risma Beri Bantuan Usaha dan Tempat Tinggal Layak Kepada Pemulung di Menteng Jakarta Pusat

Mensos Risma Beri Bantuan Usaha dan Tempat Tinggal Layak Kepada Pemulung di Menteng Jakarta Pusat
Penulis :
Faisal Grahadi Wibowo

JAKARTA (20 Juni 2024) -- Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan bantuan modal usaha dan tempat tinggal layak kepada para pemulung di Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis pagi (20/6). Sebanyak 12 orang pemulung diberikan bantuan modal usaha dan tempat tinggal layak. Mereka di antaranya berasal dari berbagai daerah seperti Sukabumi hingga Manado. "Mau pulang ke kampungnya? Nanti saya bantu modal usaha dan rumah," ucap Mensos Risma kepada Siti Fatimah (47), salah seorang yang ditemuinya.

 

Mensos Risma berdialog dengan Fatimah dan menawarkan bantuan modal usaha serta pembangunan rumah di daerah asalnya, Sukabumi. Hal ini dilakukan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik, terlebih Fatimah juga membawa serta ketiga anaknya bekerja sebagai pemulung di Jakarta. Fatimah memiliki 5 orang anak, dan 3 di antaranya ikut membantu Fatimah menjadi pemulung di sekitar wilayah Menteng, Jakarta Pusat. Saat ini ketiga anak Fatimah sudah putus sekolah karena terkendala biaya. 

 

Fatimah mengungkapkan harapannya untuk bisa pulang ke Sukabumi dan melanjutkan sekolah ketiga anaknya tersebut. Fatimah juga mengaku ingin memiliki usaha berjualan makanan dan minuman di kampungnya. "Kamu nanti saya buatkan rumah dan usaha dagang ya di Sukabumi, nanti juga anaknya lanjut sekolah di sana," kata Mensos Risma kala mendengar harapan yang dilontarkan oleh Fatimah pada pagi hari itu.

 

Tim dari Kemensos kemudian mengajak para pemulung tersebut ke Sentra Mulya Jaya di Jakarta untuk dilakukan asesmen mendalam terkait kebutuhan 12 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) tersebut. Dari hasil asesmen ditemukan berbagai kebutuhan masing masing PPKS. Kebutuhan mendasar yang muncul adalah bantuan pemberian modal usaha seperti usaha warung kopi dan makanan ringan. 

 

Selain itu, beberapa PPKS tidak memiliki tempat tinggal tetap sehingga membutuhkan bantuan tempat tinggal layak. Kemensos menawarkan PPKS untuk tinggal di rumah susun Mulya Jaya dan bersedia untuk tinggal di sana. Terdapat tiga orang PPKS yang belum memiliki KTP elektronik, tim dari Kemensos akan mendampingi proses perekaman biometrik hingga KTP elektroniknya selesai dibuat.

 

Kehadiran Mensos Risma di Kamis pagi hari itu merupakan respons cepat yang diambil ketika mengetahui viralnya berita terkait kondisi pemulung yang tinggal di sekitar kolong jembatan Jalan Sukabumi Menteng, Jakarta Pusat. Mensos Risma langsung menyambangi lokasi dan menurunkan tim untuk melakukan asesmen dan pemberian bantuan. Upaya ini dilakukan untuk menjangkau seluas-luasnya para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), terutama yang berada di sekitar kantor pusat Kementerian Sosial yang berada di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat.

 

Bagikan :