Penulis :
Humas Balai Nipotowe Palu
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Karlina Irsalyana
SIGI (13 Juli 2021) – Balai "Nipotowe" Palu berkomitmen siap memberikan pelayanan kepada seluruh Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Sesuai dengan arahan Menteri Sosial bahwa seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial agar mengimplementasikan layanan yang multi fungsi, termasuk Balai "Nipotowe" Palu.
Sebagai langkah awal, Balai mengadakan pelatihan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) kepada pegawai dan tenaga honorer yang memberikan pelayanan langsung kepada Penerima Manfaat (PM).
Sebanyak 20 orang pegawai dan tenaga honorer yang meliputi Pekerja Sosial, Penyuluh Sosial, Psikolog, Terapis Okupasi, Perawat, serta Instruktur Keterampilan mengikuti pelatihan SIBI. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan tenaga pelayanan yang siap melayani penyandang disabilitas sensorik rungu wicara.
Komunikasi memiliki peran penting dalam proses layanan ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial), dimana dalam setiap tahapan layanan, komunikasi sangat menentukan. Hambatan komunikasi dapat menyebabkan tidak tepatnya layanan yang diberikan. Oleh karena itu, komitmen Balai "Nipotowe" Palu untuk bersiap melaksanakan multi layanan diawali dengan pelatihan ini.
”Kita perlu memahami apa yang PM sampaikan, jangan sampai kita tidak mengerti. Bahkan kedepannya kalau perlu kita belajar braille,” ujar Syaiful Samad, Kepala Balai "Nipotowe" Palu kepada seluruh tenaga pelayanan.
Balai "Nipotowe" melakukan banyak pembenahan untuk mempersiapkan multi layanan, baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), maupun fasilitas agar tetap aksesibilitas.
Bagikan :