"Peksos Goes to School", Langkah Usaha Preventif dalam Mengatasi Masalah Anak

"Peksos Goes to School", Langkah Usaha Preventif dalam Mengatasi Masalah Anak
PEKANBARU (3 Desember 2020) – Kementerian Sosial RI melalui Balai Anak “Rumbai” di Pekanbaru laksanakan kegiatan Peksos Goes to School (PGTS) ke SMP Negeri 6 Kota Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang siswa yang duduk di kelas 7, 8 dan 9 dan diadakan di lapangan SMPN 6. 

Melalui kegiatan ini, tim dari Balai Anak “Rumbai” yang terdiri dari Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial mengangkat tema bullying serta kenakalan remaja lainnya yang marak terjadi di kalangan pelajar saat ini. Hal ini dikarenakan kenakalan remaja saat ini semakin meningkat semenjak pandemi karena tingginya penggunaan media sosial dan internet yang merupakan salah satu sarana dalam melakukan tindakan kenakalan tersebut. 

Lisdawati, Pekerja Sosial menyampaikan hal-hal apa saja yang menjadi contoh dari bullying dan kenakalan remaja yang sering terjadi dan tanpa disadari dilakukan banyak remaja saat ini. Selain itu ia turut menjelaskan penyebab dan akibat dari bullying serta kenakalan lainnya sehingga diharapkan para siswa yang hadir dapat mencegah serta menghindari agar tindakan tersebut tidak dilakukan oleh mereka. 

Ekagrata Henja Angora, Penyuluh Sosial turut memberikan contoh kepada siswa bagaimana menghadapi bullying. “Jika kalian mengatakan cuek adalah salah satu cara menghadapi bully, menurut kami itu salah satu langkah yang benar agar emosi kalian lebih stabil. Karena semakin kalian marah dan sedih dengan ucapan-ucapan serta perlakuan mereka, itu membuat kalian semakin kepikiran dan akan merusak kepercayaan diri kalian,” ucapnya.

Penulis :
Humas Balai Rumbai Pekanbaru
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :