Peringati HAN 2022, Kemensos Serukan Bermain Bersama Anak

Peringati HAN 2022, Kemensos Serukan Bermain Bersama Anak
LOMBOK (30 Juli 2022) - Bermain merupakan sarana bagi anak untuk tumbuh dan berkembang lebih optimal. Dengan bermain, anak mengembangkan kemampuan imajinasi, kerjasama, empati, berkomunikasi, negosiasi, melatih motorik, kognitif, serta perkembangan aspek sosial emosional anak.

Menindaklanjuti arahan dari Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, bahwa anak perlu mendapatkan ruang untuk bermain dan melestarikan permainan tradisional, Kementerian Sosial melalui Sentra Nipotowe di Palu bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Lenek, Pendamping PKH dan mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Mataram menyelenggarakan kegiatan bersama anak dalam bentuk outbound pada Kamis,(28/07/2022) pagi di Lapangan Wirang Baya Lenek Pesiraman, Kecamatan Lenek, Lombok Timur. 

Kegiatan bermain bersama anak merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di Kabupaten Lombok yang diselenggarakan di seluruh kecamatan. 

Dari Kecamatan Lenek, kegiatan bermain bersama anak diikuti lebih 200 anak, dengan kelompok usia mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. 

Dengan Bermain, Anak Belajar
Kegiatan bermain bersama anak dilaksanakan dalam bentuk outbound dengan berbagai jenis permainan seperti memindahkan bola dengan tali, pukul periuk, bermain sendok kelereng, estafet bola, estafet air dan permainan ular balon. Setiap anak dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 10 orang. Tiap kelompok pemenang diberikan tanda bintang untuk mendapatkan hadiah pada sesi akhir permainan.

“Permainannya banyak dan seru, asyik semua” ujar Azam, peserta permainan yang berusia 10 tahun mengungkapkan perasaannya mengikuti kegiatan outbound. 

“Senang bisa bermain bersama teman. Bisa belajar kerjasama, hati-hati juga dan ada hadiahnya", timpal Rizki ketika ditanyakan apa dirasakan ketika mengikuti kegiatan bermain bersama.

Kegiatan outbound tersebut juga dihadiri oleh orang tua dan masyarakat sekitar yang ikut meramaikan. Saking serunya, orang tua turut bersemangat berteriak menyemangati anaknya agar dapat menyelesaikan permainan dengan baik.

Penulis :
Humas Sentra Nipotowe di Palu
Editor :
David Myoga

Bagikan :