Peringati HLUN, Pusdiklatbangprof Latih Petugas Panti Tresna Werdha

  • Peringati HLUN, Pusdiklatbangprof Latih Petugas Panti Tresna Werdha
  • WhatsApp Image 2022-06-03 at 11.29.42 (1)
  • WhatsApp Image 2022-06-03 at 11.29.42 (2)

JAKARTA, (30 Mei 2022) - Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 , Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi (Pusdiklatbangprof) Kementerian Sosial sesuai dengan tugas dan fungsinya di bidang pelatihan maka Pusdiklatbangprof menggelar Pelatihan Singkat Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi lanjut usia (lansia).

Pemilihan materi LDP ini disesuaikan dengan tema HLUN tahun ini yaitu “Lansia Sehat, Indonesia Kuat”. Kesehatan bagi lansia tidak hanya sehat secara fisik namun secara psikologis/jiwa,. Oleh karena itu LDP bagi lansia salah satu merupakan hal yang penting yang perlu dilakukan oleh orang-orang yang sehari-hari merawat lansia salah satunya petugas panti lansia.

Kegiatan pelatihan ini berlokasi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 Jakarta pada tanggal 30 Mei 2022. Pihak dari Pusdiklatbangprof yang terlibat pada kegiatan ini diantaranya Widyaiswara, Perancang Teknologi Pembelajaran, Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial. Pelatihan ini diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari petugas sosial dan pekerja sosial panti. Peserta diberikan materi pengenalan fungsi, bentuk dan pentinganya LDP bagi lanjut usia (lansia).

Tak hanya itu agar materi dapat langsung diterapkan oleh petugas panti maka setelah mendapatkan materi petugas panti diajak melakukan praktik LDP diantaranya terapi kursi kosong. kepada Lansia WBS (Warga Binaan Sosial) Panti tersebut.


Penulis :
Akmal Permatasari
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :