Perkuat Kapasitas Remaja Rentan, Kemensos Lanjutkan Penguatan Kerja Sama dengan KOICA

Perkuat Kapasitas Remaja Rentan, Kemensos Lanjutkan Penguatan Kerja Sama dengan KOICA

JAKARTA (1 Desember 2022) – Pemerintah  Indonesia melalui Kementerian Sosial terus memperkuat kerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA). Kerja sama kedua pihak berfokus pada dukungan rehabilitasi sosial untuk remaja rentan di Indonesia.

Sejalan dengan arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sentra Handayani Jakarta menjadi lokasi pilot project dari kerja sama tersebut. Hari ini (1/12), Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial, sekaligus Kepala Sentra "Handayani" di Jakarta, Romal Uli Jaya Sinaga menerima audiensi dari Senior Programme Officer KOICA, Kim Hyunyoung dan Project Leader KOICA Kim Taejong.

Pertemuan ini membahas berbagai hal terkait upaya bersama meningkatkan dukungan rehabilitasi sosial untuk remaja rentan di Indonesia. “Melalui kerja sama ini, kami akan meningkatkan kapasitas kemandirian remaja rentan dan memperkuat dukungan sarana dan prasarana mereka,” kata Romal dalam pertemuan itu.

Lingkup kerja sama diarahkan untuk meningkatkan program rehabilitasi sosial, meningkatkan kemampuan operator pusat dan membangun model pusat dukungan rehabilitasi sosial bagi pemuda dari kelompok rentan.

Romal memastikan akan terus mendorong keberlanjutan kerja sama demi memberikan layanan terbaik bagi penerima manfaat, seperti remaja rentan.

"Ini kesempatan yang baik. Sumber daya kita bisa belajar tentang pengelolaan data, hingga meningkatkan kapasitas para pekerja sosialnya. Tentu ini untuk kebutuhan pelayanan kepada para penerima manfaat," kata Romal.

Sebelumnya, KOICA telah memberikan kontribusi finansial sebesar US$200.000 untuk pelaksanaan program kerja sama inklusif penanggulangan COVID-19 kepada Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Bantuan ini digunakan untuk fasilitas rehabilitasi sosial dalam peningkatan higienitas para penerima manfaat.

Fasilitas tersebut diantaranya kendaraan ambulans, alat pelindung diri, masker, handsanitizer, disinfektan, alat penyemprot disinfektan, sabun cuci tangan dan alat rapid test.

Di tahun 2021, Kementerian Sosial juga mendapatkan hibah dari KOICA berupa kendaraan dan peralatan medis senilai Rp1,3 miliar untuk fasilitas rehabilitasi sosial di Sentra "Handayani" di Jakarta.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh staf Sekretariat Ditjen Rehabilitasi Sosial, Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak dan Sentra "Handayani" di Jakarta.

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI

Penulis :
Indah Octavia Putri
Penerjemah :
Laili Hariroh

Bagikan :