Sekolah Lansia Pertama di Lampung Laksanakan Wisuda Standar 1

  • Sekolah Lansia Pertama di Lampung Laksanakan Wisuda Standar 1
  • WISUDA LANSIA 1 edit
  • WISUDA LANSIA 2 edit
  • WISUDA LANSIA 3 edit

PRINGSEWU (22 Maret 2022) - Sebanyak 51 lansia mengikuti Wisuda Sekolah Lansia di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Amanah Bunda Pringsewu, Selasa (22/3/22). Pimpinan Sidang Wisuda Lansia dipimpin langsung oleh Dr. Agung Mudapati selaku Pembina dan Yalva Sabri yang membacakan Daftar Peserta Wisudawati dan langsung melakukan Wisuda. Ketua LKS Amanah Bunda Pringsewu, Kartinah mengatakan bahwa 51 orang yang mengikuti wisuda sekolah lansia ini standar 1 atau S1.

“Mereka sudah menyelesaikan dan mengikuti seluruh proses pembelajaran materi dengan baik selama 12 bulan. Jadi, tidak menutup kemungkinan berlanjut pembelajaran yang kedua akan ada wisuda kedua standar 2 atau S2, ” terang dia.

Menurut dia, bahwa peserta yang mengikuti wisuda sekolah lansia ini rata-rata dari ekonomi bawah dengan usia sekitar 60 sampai paling tua 90 tahunan. .

“Ibu-ibu lansia ini rata-rata dari ekonomi lemah sekolah hanya lulusan SD dan SMP, bahkan ada yang buta huruf. Karena, belajar tidak seperti formalnya. Kurikulum mereka seperti Spiritual, Psikologi, Kesehatan, keterampilan, Olahraga dan Rekreasi,” kata Kartinah.

Dijelaskan Kartinah, tujuan dari pembelajaran sekolah lansia di LKS Amanah Bunda Pringsewu adalah agar para lansia bisa bertambah angka harapan hidupnya.

“Tujuan agar para lansia usia bertambah dengan sehat, bahagia, bisa mandiri. Jadi, dia (lansia) tahu bagaimana memberlakukan supaya mereka bisa sehat, ibadah jadi rajin dan ada yang masih mampu itu ada tambah ekonomi. Karena, mereka juga diajarkan keterampilan, “ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi mengatakan sekolah lansia Amanah Bunda Pringsewu ini adalah sekolah yang pertama ada di Provinsi Lampung.

”Kita wajib memberikan apresiasi dengan berdirinya Sekolah Lansia ini yang diresmikan langsung saat itu oleh Ibu Riana Arinal Djunadi. Karena, manfaatnya sangat besar sekali kita berharap para lansia ini usia mungkin adalah suatu ke harus bertambah satu tahun. Tetapi semangat harus tetap ada, “kata dia.

Lanjut Aswarodi, bahwa keberadaan sekolah lansia dalam rangka untuk menumbuhkan semangat sehat, bahagia dan tetap hidup.

“Disinilah diajarkan oleh narasumber dari tenaga medis, psikolog, keagamaannya. Karena, mereka disini diberikan motivasi kalau mau sehat, bahagia, sejahtera ke amanah Bunda. Jadi, diharapkan semua lansia yang sudah ikut pendidikan dan nanti akan di wisuda ini tetap bisa mandiri tidak tergantung dengan keluarganya,”pungkasnya.


Penulis :
Dinsos Pringsewu
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :