Senyum Anak Suku Laut Menyambut Hari Anak Nasional

Senyum Anak Suku Laut Menyambut Hari Anak Nasional
BERTAM (31 Juli 2022) – Kementerian Sosial menggelar Rangkaian Hari Anak Nasional tahun 2022 tidak hanya di Lombok Timur yang akan menjadi lokasi puncak acara, tapi sorak gembira bergemah Rangkaian Hari Anak Nasional (HAN) sampai dilokasi suku laut pulau Bertam, Gare dan Lingke.

Anak-anak Suku Laut, merupakan bagian dari kategori anak yang memerlukan perlindungan yang harus dipenuhi hak-haknya. Hak untuk hidup layak sebagai anak, hak untuk dapat tumbuh kembang, hak terlindungi dan terhindar dari diskriminasi, dan hak untuk dapat berpartisipasi atas masa depan.

Menteri Sosial (7/6) berkunjung menyapa Suku Laut di pulau bertam, adalah salah satu bentuk perhatian  besar Ibu Menteri Sosial bahwa, semua anak tanpa terkeculai punya hak yang sama, hak terlindungi, hak tumbuh kembang, bergembira dan bebas berkreasi.

HAN menjadi seremoni bagi anak suku laut pulau Bertam, Gara dan Lingke untuk mengungkapkan ekspresi keceriaan secara lugas dan spontan saat tim Kementerian Sosial mengajak bermain bola bekel, halma, ular tangga, sandiwara boneka jari dan saat triangulasi data responsif hak anak diterakan.

Kementerian Sosial melalui  Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dan Direktorat Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Sosial (PSKBS),  memberikan ragam bantuan kepada anak-anak Suku Laut di Pulau Bertam, Gare dan Lingke.

Direktorat PSKBS memberikan bantuan berupa piranti alat sekolah, seperti tas ransel, pakaian seragam sekolah, Sepatu, kaos kaki, kotak pensil, pensil warna, buku tulis. Sentra Terpadu pangudi Luhur Bekasi memberikan bantuan Seragam olah raga dan Pramuka bagi anak SD,SMP dan SMA. Bantuan nutrisi (madu, susu, telur, sari kacang hijau dan biscuit), Bantuan untuk kebersihan diri (Handuk, Sabun, sampo, Sikat gigi, pasta gigi). Bantuan yang sangat responsif anak.

Yang membuat anak-anak bersorak sorai kegirangan menerimanya. Seperti diungkapkan Riski, 10 tahun, kelas V SD, cengar-cengir gembira mencoba sepatu barunya, saat disambangi di rumah panggungnya dipesisir Pulau Gare, ”hiii...senang, senang sekalilah bu, saye terima barang-barang baru untuk sekolah, dari sapa itu, Kementerian Sosial, iye itu! mamak tak perlu lagi keluar uang belanja ke kedai! Saya tak usah lagi kerja pasang pukat cari nose untuk belanja pakaian dan sepatu”.
 
Anak Suku Laut pulau Bertam, Lingke dan Gare, mewujudkan Hari Anak Nasional, bergembira bersorak menanti menyambut senyum dan sapa Presiden Republik Indonesia dan Menteri Sosial RI di acara puncak HAN pada tanggal 1 Agustus 2022 di Lombok Timur.

Anak Suku Laut Hebat, Anak Indonesia Hebat.

Penulis :
Humas Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :