Sinergi ATENSI, Balai Disabilitas "Ciungwanara" Berkolaborasi dengan RSJ Marzuki Mahdi Bogor

  • Sinergi ATENSI, Balai Disabilitas "Ciungwanara" Berkolaborasi dengan RSJ Marzuki Mahdi Bogor
  • 16113577565289
  • 16113577517192
BOGOR (21 Januari 2021) - Kementerian Sosial RI melalui Balai Disabilitas Ciungwanara di Bogor menerima kunjungan dari Tim Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzuki Mahdi pada hari Kamis (21/01). Kunjungan ini diketuai oleh Kepala Instalasi PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit), Ketut Sudiatmika, dan disambut baik oleh Kepala Balai Disabilitas Ciungwanara, Siti Sari Rumayanti.

Ketut yang didampingi oleh dua orang stafnya, Iyep dan Budi, menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk menjalin kerja sama dengan Balai Ciungwanara dalam hal tindak lanjut penanganan klien pasca perawatan dari RSJ.

"Kami harap klien dari RSJ yang mengalami dual disabilitas yaitu mental dan intelektual setelah selesai mendapat pengobatan di RSJ bisa dilanjutkan untuk mendapat pelatihan keterampilan (livelihood) di Balai Ciungwanara. Ini merupakan bentuk Kerjasama lintas sektoral, apabila penyandang Disabilitas intelektual Ciungwanara juga butuh pengobatan bisa mendapatkan pelayanan di RSJ jika dinyatakan terdapat diagnosis mentalnya," papar Ketut.

Sari dalam sambutannya memaparkan bahwa ini bak gayung bersambut dimana sinergitas antar sektor ini juga merupakan implementasi dari program Asistensi Rehabilitas Sosial (ATENSI) yang tengah dijalankan oleh Balai. Sari berkata,"Memang saat ini kami sedang membangun jejaring kerja sama dengan lembaga pemerintahan dan masyarakat  untuk saling sinergi dalam pelaksanaan layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas. Mudah-mudahan kedepannya kita sudah bisa beraksi dengan tim dari RSJ, dinas sosial dan pendamping."

Sari juga menekankan bahwa bentuk pelayanan ATENSI yang diberikan adalah Atensi berbasis keluarga, Atensi berbasis komunitas, dan Atensi berbasis residensial.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada RSJ marzuki mahdi atas kedatangannya, selanjutnya kita dapat merumuskan sinergitas layanan kepada disabilitas melalui  perjanjian kerja sama antara Balai Disabilitas Ciungwanara dan RSJ Marzuki Mahdi,"ujar Sari menutup diskusi.

Penulis :
Humas Balai Ciungwanara Bogor
Editor :
David Myoga

Bagikan :