Tangki Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Kemensos Bantu Warga Terdampak

Tangki Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Kemensos Bantu Warga Terdampak
CILACAP (15 November 2021) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga terdampak kebakaran kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah. Mewakili Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS), Harapan Lumban Gaol menyerahkan langsung bantuan tersebut, Senin (15/11).

"Ibu Menteri Sosial, Ibu Risma, sangat menaruh perhatian kepada warga terdampak atas terjadinya musibah ini. Oleh karena itu, beliau mengamanatkan kepada saya untuk segera mengirimkan bantuan sosial berupa sembako," ujar Gaol di hadapan para penerima bantuan di Cilacap, Senin (15/11).

Melalui bantuan yang diberikan, ia berharap dapat membantu mengurangi beban warga terdampak, "Kami berharap bantuan yang diberikan saat in dapat membantu warga yang terdampak," lanjut Gaol.

Sementara itu, mewakili Bupati Cilacap, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Cilacap, Dian Setyabudi, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Cilacap sangat mengapresiasi respon cepat Kementerian Sosial pasca kejadian kebakaran kilang minyak.

Selain Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Cilacap, turut hadir dalam penyaluran bantuan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Arida Puji Hastuti, Lurah Lomanis Wahyu, Perwakilan Pertamina RU IV Cilacap, Sunaryo Adi, Sekretaris Kecamatan Cilacap Tengah, Kapolsek Cilacap Tengah, serta jajaran Dinas Sosial Kabupaten Cilacap dan Kelurahan Lomanis dan perwakilan warga Kelurahan Lomanis yang tinggal di area lokasi kebakaran dan menjadi korban terdampak.

Seperti diberitakan, sebuah tangki pada kilang minyak Pertamina yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah, dilaporkan terbakar pada Sabtu (13/11) pukul 20.00 WIB. Kebakaran terjadi justru saat hujan lebat tengah mengguyur area sekitar kawasan kilang minyak. Kejadian, yang memperlihatkan kobaran api dan asap yang membumbung ke udara itu pun, sempat diabadikan dan diunggah oleh warga yang tinggal di sekitar kilang minyak.

PT Pertamina (Persero) mengklaim kebakaran yang melanda tangki kilang minyak Cilacap sudah berhasil dipadamkan total pada Minggu (14/11). Hingga kini, Pertamina sendiri belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Di sisi lain, pihak Pertamina memastikan sudah mengevakuasi 80 warga dari sekitar lokasi, serta memastikan pasokan BBM dan elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan.

Penulis :
Direktorat PSKBS
Editor :
Alif Mufida Ulya (OHH Ditjen Linjamsos); Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :