Toko Kelontong Sanggup Bersaing dengan Toko Retail Modern, Mensos Ungkap 4 Kiat Khusus
Penulis :
Alif Mufida Ulya
Penerjemah :
Alif Mufida Ulya
JAKARTA (30 April 2023) - Pemberdayaan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) terus digencarkan Menteri Sosial Tri Rismaharini. Lewat PENA TV yang diagendakan setiap akhir pekan, Mensos dan jajarannya tak kenal lelah membangkitkan semangat kewirausahaan para KPM.
Dalam tayangan PENA TV melalui saluran YouTube, Facebook dan Zoom Meeting PENA, Sabtu siang (29/4), Mensos, secara khusus, menyoroti sektor perdagangan sembako yang didominasi oleh pertokoan retail modern sehingga menyebabkan toko kelontong/sembako swakelola milik KPM tidak mudah bersaing.
“Kali ini, memang saya yang minta untuk bicara khusus soal perdagangan toko kelontong. Secara teori, seharusnya, kita (usaha toko kelontong KPM) lebih bisa bersaing dengan pertokoan retail modern,” kata Mensos kepada para KPM yang terhubung secara virtual, Sabtu (29/4).
Risma menganggap toko kelontong sederhana milik KPM bisa lebih unggul dari segi efisiensi dan keterjangkauan oleh masyarakat sekitar dibandingkan pertokoan retail modern.
“Dalam pelayanannya, toko swakelola (milik KPM) tidak memerlukan penjaga toko sehingga pembeli bisa berinteraksi dan dilayani langsung oleh penjual. Kemudian, toko KPM juga pasti berada di area perkampungan, jadi lebih mudah dijangkau tetangga sekitar, terutama di jam-jam tertentu,” katanya.
Namun, ia menyayangkan toko swakelola semacam ini tidak digali dengan baik potensinya sehingga kalah bersaing. Untuk itu, ia meminta KPM penerima bantuan program PENA dengan usaha toko kelontong, memperhatikan empat hal agar kompetitif.
“Pertama, layani pembeli dengan ramah. Jangan melayani pembeli dengan wajah bersungut-sungut, sekalipun ia berbelanja pagi-pagi sekali atau bahkan larut malam. Padahal bisa jadi, dia pembuka pintu rejeki bagi kita,” kata dia.
Ketika penjual bersikap ramah, lanjutnya, maka penjual meninggalkan kesan baik pada pembeli yang akan membawanya datang berbelanja kembali ke tempat yang sama. Di toko retail modern, pelanggan diberikan layanan terbaik. Pembeli disapa, diberi senyuman, dan dilayani dengan baik sebab prinsip mereka, pembeli adalah raja.
“Yang kedua, berpenampilan menarik, sekalipun hanya untuk melayani pembeli. Karena pada umumnya, toko itu nempel sama rumah, seringkali kita berpakaian sekenanya. Ini ngga jarang bikin pembeli enggan datang lagi, jadi mulailah berpakaian yang rapi,” kata Risma.
Menurut mantan orang nomor satu di Surabaya itu, penampilan penjual yang rapi dan menarik, secara tidak langsung, menjadi daya tarik tersendiri dan berpengaruh terhadap jumlah pembeli yang datang berbelanja.
“Yang ketiga, manajemen penataan ruang dan barang. Seringkali, kita menyusun barang secara acak, asal aja semau kita sehingga saat pembeli datang mencari sesuatu, kita juga kebingungan, mencari-cari dimana meletakkannya,” ujar dia.
Risma lantas menekankan kepada KPM untuk rajin menjaga kebersihan dan kerapihan toko, termasuk penyusunan barang, agar terlihat rapi, bersih dan terang.
“Kalo tempat itu bagus, tertata rapi, pembeli juga nyaman belanja di tempat kita. Jadi, sempatkan menata barang dan rajin-rajin membersihkan ketika ada ruang atau barang yang kotor di toko kita,” kata Risma tegas.
Hal terakhir yaitu pembukuan atau pencatatan keuangan. “Ini penting untuk mengetahui dengan detil pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Ini juga penting untuk menjaga bapak/ibu sekalian agar tidak berperilaku konsumtif,” ucap Risma.
Risma mengungkap, biasanya, ketika pemasukan sudah lebih besar, keuntungan itu langsung dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Karena itu, ia senantiasa mewanti-wanti para KPM untuk melestarikan budaya menabung.
“Simpan, tabung keuntungan itu untuk keperluan anak di masa mendatang atau keperluan mendesak/tak terduga lainnya. Jadi, setidaknya, kita punya simpanan, tabungan dari hasil berdagang,” pesan Risma.
Pada agenda PENA TV, Sabtu (29/4), turut bergabung Retailer Coach dari Sampoerna Retail Community (SRC), Muhammad Yusron untuk membimbing para pelaku toko kelontong. Dalam hal ini, Yusron menyampaikan strategi mensiasati persaingan dengan toko retail modern yang dikemas dalam tema "Toko Kelontong Bersaing dan Berkembang".
Strategi dimaksud mulai dari tips dan trik membuat pelanggan betah berbelanja di toko, hingga pemanfaatan teknologi digital (pemesanan dan pembayaran barang melalui aplikasi). Strategi ini memperkuat kiat-kiat yang dibagikan Mensos Risma sebelumnya.
SRC, yang berkomitmen untuk membantu Kemensos dalam upaya pengembangan usaha KPM PENA ini, mendorong mereka agar terbuka menerima perubahan sehingga usaha dapat bersaing, berkembang dan berdampak pada pendapatan, bahkan bukan tidak mungkin, usaha tersebut diwariskan pada anak/keturunan.
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI
Bagikan :