Transformasi Digital Penyuluhan Sosial
Saat ini, kehidupan sudah semakin menunjukkan perubahan dari analog ke digital. Orang-orang atau masyarakat sudah memilih untuk serba digital, bahkan untuk makan saja, orang tidak perlu repot-repot datang ke restoran untuk makan, tinggal lakukan klik di ponsel mereka untuk memesan makanan, maka makanan akan sampai ke rumah tanpa perlu susah datang. Bahkan alat pembayaran, pun tidak lagi membutuhkan uang berbentuk fisik, kini lebih banyak digunakan uang elektronik.
Salah satu bukti bahwa masyarakat sudah beralih ke digital, kini masyarakat lebih banyak menggunakan ponsel untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari, tidak ada hari tanpa ponsel dalam genggaman, dan tidak ada ponsel tanpa paket data. Berdasarkan hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022 – 2023. Jumlah tersebut meningkat 2,67% dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna.
Transformasi Digital merupakan suatu proses memanfaatkan teknologi digital untuk perubahan secara signifikan di berbagai aspek kehidupan sehingga kebutuhan dapat segera terpenuhi dengan lebih cepat, mudah, dan juga praktis. Seiring dengan perkembangan teknologi, pada proses penyuluhan sosial dibutuhkan sebuah transformasi digital. Dahulu, penyuluhan sosial atau sesi pengubahan perilaku masyarakat diberikan dengan lesehan di bawah pohon maupun duduk di atas tikar bambu sambal minum kopi. Namun kini penyuluhan sosial dapat diberikan melalui dunia maya, tidak bertatapan secara langsung, namun dapat berinteraksi satu sama lain.
Transformasi Digital
Penyuluhan Sosial mengubah metode atau cara penyampaian pesan-pesan sosial
kepada masyarakat, tidak dengan cara analog, namun menggunakan media digital. Penyuluhan Sosial dengan tatap muka atau langsung, dapat digantikan dengan penyuluhan sosial secara langsung, tetapi menggunakan media virtual, atau penyuluhan sosial secara tidak langsung melalui media- media sosial yang setiap hari dilihat oleh masyarakat.
Penyuluhan Sosial di masa
kini dituntut memiliki banyak inovasi, responsif, dan bermanfaat
bagi banyak pihak. Pada masa kini, proses penyebarluasan informasi dilaksanakan
secara masif, cepat dan menyentuh ruang-ruang pribadi masyarakat. Model
komunikasi mutakhir adalah pilihan dalam kegiatan penyuluhan sosial sebagai
gerak awal dan gerak dasar, dengan menciptakan ruang-ruang komunikatif dan
memiliki efek persuasif bagi masyarakat.
Mekanisme kerja Penyuluhan
Sosial dalam memberikan penyuluhan adalah melakukan transfer knowledge atau
pemberian pengetahuan dan pembekalan kemampuan penyuluhan kepada
agen perubahan yang dinamakan penyuluh sosial. Selanjutnya, penyuluh sosial akan
menyebarluaskan knowledge melalui kegiatan penyuluhan sosial di daerah-daerah, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk
meningkatkan pelayanan publik (pelayanan sosial) bagi masyarakat guna
mempercepat kesejahteraan umum.
Pada masa kini, tuntutan
untuk menggunakan teknologi informasi sangat tinggi, dan kondisi pasca pandemi
COVID-19 membiasakan berbagai kegiatan untuk dilaksanakan dengan menggunakan
teknologi informasi, sehingga semakin gencar kegiatan penyuluhan sosial
dilakukan dengan menggunakan media elektronik dan digital, dengan
platform media sosial, seperti YouTube, Twitter, FaceBook, Instagram
dan pertemuan tatap muka secara tidak langsung dengan menggunakan virtual
meeting atau teleconference, juga metode pembelajaran dapat dilakukan
dengan metode e-learning.
Hal ini sangat efektif
dilakukan karena semua informasi cepat ada dalam genggaman, sehingga inovasi
penyuluhan sosial dilakukan dengan menginovasi kemasan pesan penyuluhan dan
cara penyampaian pesan yang ‘dekat’ dan menarik bagi masyarakat, tidak kaku,
mengikuti trend kekinian dan tidak ‘old-fashioned’ atau
konvensional. Salah satu kunci pesan penyuluhan dapat sampai pada mindset
khalayak sasaran adalah jika disajikan berulang ulang secara baik dengan bahasa
yang mudah dipahami dan mudah dicerna masyarakat, sehingga mudah menginfiltrasi
ruang ruang pemahaman berpikir masyarakat.
Dengan transformasi digital
penyuluhan sosial dapat menciptakan ruang penyuluhan yang lebih luas, lebih
menjangkau banyak pihak, sehingga dengan pemanfaatan media digital dapat
menciptakan dampak yang lebih besar untuk mengubah perilaku masyarakat dengan
jangkauan nasional, bahkan internasional.