Warna-warni Kegembiraan Anak-anak di Kampung Amagais Papua

Warna-warni Kegembiraan Anak-anak di Kampung Amagais Papua

AMAGAIS (2 Agustus 2022) - Matius sumringah ketika menerima selembar kertas dari pekerja sosial. Tak sabar, bocah laki-laki itu ingin segera memberikan warna pada kertas bergambar alat transportasi kesukaannya, pesawat terbang. Meski tak terucap, nampak jelas Matius sudah punya imaji akan seperti apa gambarnya nanti.

"Sa senang sekali menggambar," ucap Matius dengan logatnya yang khas.

Di sudut lain, tampak anak-anak saling berhadapan. Di depan mereka, ada papan congklak warna warni. Bunyi biji congklak terdengar seiring dengan tawa antuasias anak-anak.

Suasana desa yang biasanya tak seramai ini membuat anak-anak bersemangat memenuhi balai desa. Mereka berkumpul penuh rasa ingin tahu apalagi yang akan dilakukan.

Adalah anak-anak di Kampung Amagais, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan yang tengah menikmati waktu mereka bermain dan bergembria dengan tim dari Kementerian Sosial. Kegembiraan ini mereka rasakan sebagai bagian dari rangkaian Hari Anak Nasional (HAN 2022) yang diinisiasi Kemensos.

Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 29 Juli 2022 sampai dengan 1 Agustus 2022, diawali dengan melakukan asesmen terhadap anak-anak yang ada di Kampung Amagais.

Ada banyak kegiatan yang melibatkan anak, diantaranya belajar menggambar dan mewarnai, membuat anyaman tikar dari daun pandan, dan bermain congklak. Anak-anak juga bersama-sama membuat lapangan voli.  

Tak hanya itu, tim juga memberikan edukasi tentang kebersihan diri.

"Tadi, kata mama, kita harus mandi tiap pagi dan sore menggunakan sabun, cuci rambut dengan sampo, sikat gigi dengan pasta gigi," ucap Matius menirukan kata-kata pekerja sosial yang didengarnya tadi.

Anak-anak juga diajarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bersama dengan tim, anak-anak melakukan kerja bakti memotong rumput, membersihkan selokan, dan membuang sampah.

Selain itu, anak-anak juga diajari bagaimana cara mencegah penyakit, seperti TBC. Mereka juga menerima pemeriksaan kesehatan  yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat.

Kepala Sentra Terpadu "Inten Soeweno" di Cibinong, Royani mengatakan tim dari Kemensos telah menyalurkan berbagai bantuan di Kampung Amagais.

"Kemensos menyerahkan jaring penangkap ikan untuk 55 kepala keluarga, paket pemenuhan hidup layak, seperti nutrisi, makanan dan pakaian kepada 300 anak, serta paket perlengkapan sekolah untuk 85 anak," terang Royani.

Bantuan tersebut, lanjutnya, merupakan hasil asesmen yang sudah dilakukan oleh tim. Adapun, tim Kemensos yang bertugas di Kampung Amagais adalah Sentra Terpadu "Inten Soeweno" di Cibinong, Sekretariat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial,Direktorat Komunitas Adat Terpencil, Direktorat PSDS dan Dinas Sosial Kabupaten Asmat.

Royani mengungkapkan, puncak rangkaian HAN 2022 dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2022 di Lombok Timur, dan anak-anak di Amagais mengikuti acara tersebut secara daring.

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI


Penulis :
Rizka Surya Ananda

Bagikan :