Bantuan Sembako Kemensos Diterima, Warga Cilincing Berterima Kasih

  • Bantuan Sembako Kemensos Diterima, Warga Cilincing Berterima Kasih
  • 23b1a224-91f6-4753-972e-437e6b122c9a
  • 34b210b9-caf1-4803-93d1-6074b56b3117
JAKARTA (21 April 2020) - Senyum mengembang dari bibir seorang lanjut usia bernama Iceh ketika dirinya didatangi Pembina Dharma Wanita Kementerian Sosial, Grace Batubara. Sore itu ia sedang berada di rumahnya di RT 07/RW 4 Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, Senin (20/04).

Ia mengucapkan terima kasih atas kedatangan bantuan Paket Sembako dari Kementerian Sosial.

"Alhamdulillah saya senang sekali. Ada minyak, sarden, masker, dan lainnya. Ini sangat membantu saya yang saat ini kerjaan sepi," kata Iceh.

Hendi, seorang pedagang sayur warga Kelurahan Semper Barat, di depan rumahnya ia membuka paket Sembako. Paket itu ia terima langsung dari Grace Batubara yang juga mewakili Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet (OASE) Kabinet Indonesia Maju.

"Terima kasih Bu Iriana Joko Widodo beserta jajaran atas bantuannya kepada saya, ini merigankan keluarga saya. Dan mudah-mudahan cepat berakhir keadaan (pandemi) ini," kata Hendi.

Sebagai pedagang sayur, ia mengaku adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuatnya mengurangi jam berdagang sehingga pendapatannya berkurang.

Kemensos sejak 7 April 2020 telah menyalurkan bantuan sosial Sembako Kementerian Sosial senilai Rp200.000 dengan target sebanyak 300.000 paket. Bantuan ini secara khusus ditujukan kepada warga miskin dan rentan yang terdampak COVID-19, utamanya adalah keluarga Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), para pekerja informal lainnya.

"Hari ini adalah hari ketiga belas kami menyalurkan bantuan Sebako Kementerian Sosial. Mudah-mudahan membantu masyarakat. Membantu mereka untuk tetap tinggal di rumah seperti yang telah dianjurkan pemerintah supaya mata rantai penyebaran COVID-19 ini bisa diputus," tutur Grace usai menyerahkan paket Sembako ke rumah warga.

Adapun bantuan Sembako dari Kementerian Sosial yang diserahkan dalam kesempatan ini sebanyak 3.500 paket untuk Kelurahan Semper Barat dan 1.500 paket untuk warga Kelurahan Cilincing. 

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19, PSBB adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19 untuk mencegah kemungkinan penyebaran.
 
"Sesuai arahan Menteri Sosial Juliari P. Batubara, bahwa tugas Kemensos selama PSBB yang telah diatur dalam Permenkes tersebut adalah mendistribusikan bantuan sosial Sembako untuk keluarga miskin dan rentan terdampak COVID-19," kata Ibu dua anak ini.

Maka dari itu, lanjutnya, bantuan Sembako untuk warga DKI Jakarta ini merupakan bagian dari dukungan Kemensos pada rencana operasional percepatan penanganan COVID-19 yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Lurah Semper Barat, Benhard, mengatakan bantuan Paket Sembako akan dikirimkan ke rumah masing-masing di RW 04, RW 05, dan RW 016 oleh petugas dari Kelurahan sehingga masyarakat dapat tetap dapat menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

Sementara itu Ketua RW 04 Kelurahan Semper Barat, Muhammad Rodji, menuturkan bahwa sebagian penerima bantuan merupakan usulan dari masyarakat sehingga warga yang benar-benar membutuhkan dapat terpenuhi kebutuhan pokoknya.

Penulis :
Tutik Inayati
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Lingga Novianto; Karlina Irsalyana

Bagikan :