Kemensos Gelar Rapat Pleno HKSN Tahun 2020

Kemensos Gelar Rapat Pleno HKSN Tahun 2020

JAKARTA (16 Desember 2020) - Kementerian Sosial menggelar Rapat Pleno Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2020 untuk memastikan persiapan menjelang Acara Puncak Peringatan HKSN 2020 di Kota Manado, Sulawesi Utara.

 

Rapat bertempat di Gedung Aneka Bhakti dan dilaksanakan secara Offline dan Online Virtual Zoom Meeting yang diikuti oleh seluruh Ketua Bidang dan anggota bidang I, II, III, IV, Panitia Pusat dan Daerah, serta Mitra Kerja Kementerian Sosial.

HKSN tahun 2020 mengusung tema "Kesetiakawanan Sosial Melawan Covid19". Tema tersebut merupakan ajakan kepada seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama saling membantu di tengah kondisi pandemi.

 

Rapat Pleno finalisasi dipimpin oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto. Rapat pleno membahas sejumlah materi terkait rangkaian kegiatan. Antara lain Webinar Restorasi Sosial, Pameran Virtual KSN, Bakti Sosial Kesetiakawanan Sosial, penyelenggaraan partisipasi sosial, dan sosialisasi kampanye restorasi sosial.


Selanjutnya, Ketua Umum HKSN 2020 dan Para ketua Bidang melaporkan persiapan kegiatan dan teknis Acara Puncak yang akan dilaksanakan di Gedung Mapalus, Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyampaikan kegiatan HKSN Tahun 2020 terbagi di dua kegiatan di online dan offline.

 

"Acara inti dimulai pada tanggal 17 Desember 2020 melalui webinar melalui zoom meeting. Tema webinar membedah kesetiakawanan sosial dimasa pandemi dalam perspektif kaum milenial. Dengan narasumber Bapak Mensos ad interim, sejarahwan, dan Ketua Umum HKSN 2020," ucap Edi Suharto.

 

"Pada tanggal 18 Desember 2020 juga akan dilaksanakan rapid tes untuk seluruh warga di Kota Tomohon, Bansos Rutilahu, KUBE, Operasi Katarak, pemberian paket sembako, alat disabilitas, khitanan massal, dll. Adapun acara puncak HKSN dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2020 di Gedung Mapalus dengan menerapkan protokol kesehatan. Serta penyerahan Pataka HKSN kepada tuan rumah HKSN tahun 2021 di Provinsi Bangka Belitung. Untuk kegiatan pendukung ada pameran KSN online dll."tambah Edi Suharto.

Ketua Umum HKSN 2020, Alfatih Timur menjelaskan konsep promosi HKSN Tahun 2020 bersifat gerakan.

 

"Kita menceritakan sosok-sosok inspiratif. Kita perlu angkat sosok ini dan mengajak masyarakat untuk menyebarkan" jelas Al Fatih.

 

"Target promosi kita sudah melewati 1 juta impression sebanyak 1,6 juta impression. Dan mudah-mudahan semakin dekat semakin banyak," lanjut Al Fatih.

Mari kita kobarkan api semangat kesetiakawanan sosial dalam membantu sesama, membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 di berbagai pelosok negeri. Selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2020.


Penulis :
OHH Dayasos
Editor :
OHH Dayasos ; David Myoga
Penerjemah :
Fia Arista Dewi

Bagikan :