Mensos Tekankan Pemda Sebagai Garda Terdepan Warganya

Mensos Tekankan Pemda Sebagai Garda Terdepan Warganya
JAKARTA (20 April 2020) - Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyampaikan belangsungkawa atas meninggalnya Yulie Nuramelia (43 th), warga Kelurahan Lontar Baru, Kecamatan Serang, Banten, yang meninggal pada Senin, 20 April 2020 sekitar pukul 15.00 WIB. Meninggalnya Yulie Nuramelia marak dikabarkan karena kelaparan dan hanya mampu mengkonsumsi air galon isi ulang selama dua hari.

Menanggapi hal tersebut Mensos Juliari mengatakan bahwa Pemerintah Daerah adalah garda terdepan untuk mengawal  warganya.
"Saya enggak mungkin tahu penyebabnya kalau tidak dicek langsung. Pemda-pemdalah yang harus menjadi garda terdepan untuk warganya," ujar Mensos Juliari saat dihubungi merdeka.com, Selasa (21/4/2020).

Mensos Juliari juga menyampaiakan bahwa hingga saat ini bantuan sosial terus berlangsug pendistribusiannya untuk ke seluruh wilayah guna dapat meringankan beban masyarakat karena dampak dari pandemi COVID-19

Sampai saat ini Pihak Kelurahan Lontar Baru mengatakan masih belum dapat memastikan penyebab meninggalnya Yulie Nuramelia apakah karena kelaparan atau karena ada faktor lainnya. Namun berdasarkan laporan dari tim medis, almarhumah dipastikan  tidak meninggal karena terpapar COVID-19.

Lurah Lontar Baru, Dedi Sudradjat menambahkan jikalau pihak Kelurahan tidak mendapatkan laporan terkait adanya warga yang kelaparan selama pandemi COVID-19

"Kalau penyebabnya saya belum tahu pasti, tapi dokter bilang bukan COVID-19. (Menahan lapar) saya kira bukan itu. Pihak puskesmas bilang meninggal di jalan. Bukan juga (meninggal) karena kelaparan," jelasnya.

Penulis :
David Myoga
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Lingga Novianto; Karlina Irsalyana

Bagikan :