Padmamitra Award Dorong Kerekatan Sosial di Masyarakat

Padmamitra Award Dorong Kerekatan Sosial di Masyarakat

JAKARTA (25 Agustus 2020) – Kementerian Sosial bersama  Forum CSR Kesos terus mendorong partisipasi aktif Dunia Usaha dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Salah satunya adalah melalui Padmamitra Award yang dilakukan 2 tahun sekali. Padmamitra adalah penghargaan yang diberikan kepada Badan Usaha yang telah melaksanakan praktek terbaik kegiatan CSR bidang Kesejahteraan Sosial. Tahun 2020, seleksi Padmamitra Award dilakukan secara virtual dan tatap muka, mulai tanggal 25-26 Agustus 2020 di Swissbell Hotel Mangga Besar, Jakarta.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto membuka secara resmi kegiatan Seleksi Presentasi Padmamitra Award Tahun 2020 melalui Video Conference  Zoom Meeting. Peserta kegiatan sebanyak 32 Badan Usaha yang telah lolos tahap administrasi dan penilaian program CSR Kesos. Kegiatan Seleksi Presentasi Padmamitra Award Tahun 2020 diharapkan dapat menggali hal-hal terkait dengan kerekatan sosial dan pemberdayaan sosial.

Edi Suharto menjelaskan bahwa kerekatan sosial merupakan outcome dari program CSR yang bergerak di bidang sosial. Hal ini ditandai dengan serangkaian kegiatan sosial serta penyediaan dan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

"Pemberdayaan sosial yang merupakan strategi CSR diarahkan pada peningkatan kesejahteraan sosial melalui aktivitas ekonomi-produksi masyarakat lokal. Program-program pemberdayaan sosial ini dapat membantu percepatan penanggulangan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan antar kelompok masyarakat dan antar wilayah", jelas Edi Suharto.

Ketua Forum CSR Kesos Nasional  juga selaku Ketua Panitia Padmamitra Award 2020 Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi, menyampaikan bahwa Padmamitra Award ini merupakan bentuk apresiasi/penghargaan pemerintah kepada Badan Usaha/Dunia Usaha yang telah menyelenggarakan program dan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) bidang Kesejahteraan Sosial.

"Untuk pendaftaran melalui halaman padmamitraaward.com sebanyak 112 badan usaha. Dan yang dinyatakan telah memenuhi syarat berdasarkan seleksi administrasi dan bidang CSR Kesos sebanyak 32 badan usaha, yang terbagi dalam 5 kategori yaitu kategori kemiskinan 16 badan usaha, kategori disabilitas 5 badan usaha, kategori kebencanaan 6 badan usaha, kategori korban tindak eksploitasi dan diskiriminasi 1 badan usaha, serta kategori keterpencilan 4 badan usaha," ucap GKR Mangkubumi.

Seleksi Padmamitra Award Tahun 2020 ini melibatkan tim penilai yang berasal dari Tokoh CSR (Ibu Tri Mumpuni), Akademisi (M. Alfan Alfian), Jurnalis (Andi F. Noya), Forum CSR Kesos (Sarman Simanjorang), dan Kementerian Sosial (Latifah Ningrum). Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial sangat mengapresisasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif pada kegiatan seleksi presentasi Padmamitra Award Tahun 2020 ini.

"Mari kita bertekad untuk berinovasi dalam berkarya untuk Indonesia yang saat ini tengah menghadapi pandemi COVID-19" kata Edi Suharto.

Hadir dalam kegiatan Plt. Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat, Ketua Umum Forum CSR Nasional, dan Tim Penilai Seleksi Presentasi Padmamitra Award.


Penulis :
OHH Dayasos
Editor :
OHH Dayasos ; David Myoga
Penerjemah :
OHH Dayasos

Bagikan :