Kemensos Respon Kasus Pemasungan ODGJ di Tual

Kemensos Respon Kasus Pemasungan ODGJ di Tual
TERNATE( 14 September 2021) - Kementerian Sosial RI melalui Wasana Bahagia di Ternate melaksanakan respon kasus Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berbasis keluarga di Provinsi Maluku. 

Respon kasus dilakukan kepada penerima manfaat (PM) M laki-laki berusia 29 tahun merupakan orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) yang mengalami pemasungan di Kota Tual dan PM. Dan K perempuan berusia 36 tahun yang sementara dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah Ambon.

Asesmen dilakukan oleh petugas balai, Hermawanty dan Emy Kaimuddin dengan didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Tual bersama jajaran. Kepada petugas keluarga bercerita M mengalami halusinasi pendengaran sejak tahun 2012. 

"Sementara nonton TV M tiba - tiba keluar seperti ada yang memanggil" ujar ibu M. Pada tahun 2013 kondisi M mulai muncul perasaan curiga dan marah ke setiap orang. Ia sering memukul dan melukai dirinya sendiri. "Mulai saat itu M kami ikat kakinya supaya tidak mengamuk ke orang rumah" tambah ibu.

Kepala Dinas Sosial Kota Tual,  Mansur Latar menyampaikan bahwa K sudah terlebih dahulu dirujuk ke RSDK Ambon sedangkan M masih dalam persiapan. “Sementara sedang pemrosesan BPJS sambil menunggu jadwal kapal ke Ambon”, ujar Mansur.

Kepada keluarga M, Wasana Bahagia menyerahkan bantuan ATENSI berupa penambahan nutrisi yang terdiri dari telur ayam 2 rak, susu Dancow 1000 gr, biskuit, beras, kacang hijau, gula merah, gula pasir, minyak goreng, portex/wipol dan sabun mandi cair  2 botol. 

Selain itu diberikan juga bantuan pengembangan usaha kepada Ibu M sebesar 2 juta rupiah. Sedangkan untuk K diberikan bantuan tambahan nutrisi senilai 2 juta rupiah.

Humas Balai Wasana Bahagia Ternate

Penulis :
Humas Balai Wasana Bahagia Ternate
Editor :
David
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :