Keluarga Penyandang Tumor Ganas, Berterima Kasih Banyak Dibantu Kemensos

Keluarga Penyandang Tumor Ganas,  Berterima Kasih Banyak Dibantu Kemensos
Penulis :
Indah Octavia Putri

GARUT (29 Februari 2024) – Ucapan terima kasih disampaikan Toto (61) kepada Kementerian Sosial karena banyak membantu istrinya, Titik Kartika (51) yang mengidap tumor ganas di bagian kiri wajahnya. Warga Kampung Sukamulya, Kelurahan Dayeuhmangggung, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut Jawa Barat ini, menerima berbagai bantuan dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos.

Delapan bulan lalu Titik Kartika sempat menjalani operasi untuk pengangkatan tumor di bagian wajahnya di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, akan tetapi tumor tersebut kembali tumbuh diwajahnya, “Saat ini tidak bisa apa-apa lagi karena sudah tidak ada biaya untuk berobat,” ucap Toto yang merupakan kepala keluarga. Ia bekerja sebagai buruh harian lepas yang upahnya tidak seberapa. 

Selain harus menghidupi istrinya, Toto juga membiayai berbagai keperluan anak semata wayangnya, Zaidan (15).
Menghadapi kasus ini, Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos berkoordinasi dengan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Garut untuk mengubah BPJS  Titik Kartika yang sebelumnya  BPJS Mandiri menjadi APBD atau BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) sehingga biaya  pengobatannya bisa gratis.

Untuk memudahkan fleksibilitas Titik Kartika, Kemensos juga bekerja sama dengan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. Kerja sama itu menyangkut transportasi. Jika Titik Kartika akan berobat ke RS Hasan Sadikin Bandung yang terletak sekitar 75 kilometer dari rumahnya, Dinas Sosial Kabupaten Garut akan menyediakan ambulans gratis.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Garut bersedia membantu melalui Public Safety Center (PSC). Dibantu para relawan, kami akan membantu Bu Titik saat berobat ke Bandung hingga Kembali ke Garut tanpa biaya sepeser pun,”  kata dr. Rita selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.

Bantuan ATENSI juga diberikan untuk  Titik Kartika dan keluarganya berupa nutrisi, pakaian, dan alat kebersihan diri.  Untuk membantu perekonomian keluarga, Kemensos memberikan paket kewirausahaan warung kelontong yang akan dikelola Pak Totok. 

Kementerian Sosial akan terus memantau  dan membantu penanganan Kesehatan Titik Kartika. Selain itu juga akan terus membimbing dan memantau agar usaha warung kelontong Pak Toto bisa berjalan lancar sehingga bisa membantu perekonomian keluarganya.
Bagikan :