Kemensos Hadir Lakukan Respon Kasus di Cirebon

  • Kemensos Hadir Lakukan Respon Kasus di Cirebon
  • 16429036612876
CIREBON (22 Januari 2022) – Kementerian Sosial melalui Loka Kahuripan Sukabumi melaksanakan Respon Kasus terhadap Muhammad Jafarudin (25 Tahun) penderita Suspect Osteosarcoma di Kabupaten Indramayu sesuai arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Tim Respon Kasus Loka Kahuripan Sukabumi melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Cirebon untuk memperoleh informasi yang di perlukan. Tak hanya bersama Dinsos, Tim juga didampingi langsung oleh Kepala Desa Grogol, Kecamatan Gunung Jati untuk melaksanakan asesmen langsung kepada Jafar. 

Jafar mengalami kecelakan sepeda motor pada Tahun 2017,  dan Tahun 2020 mulai terasa pembengkakan pada bagian tubuhnya yang mengalami benturan ketika kecelakaan, yakni pada paha kirinya dengan ukuran sebesar telapak tangan. 

Jafar saat ini telah memiliki asuransi Kesehatan berupa BPJS aktif PBI APBD. Sebelumnya, Jafar berobat ke pengobatan alternatif namun tidak ada perubahan, kemudian berobat ke RS Mitra Plumbon dan RS Pelabuhan.

November 2021 berdasarkan Rujukan dari RS Pelabuhan, Jafar dirujuk ke RS Ortopedi Prof dr. R. Soeharso Surakarta dan disarankan untuk melakukan kemoterapi. Namun adanya kendala terkait biaya operasional maka diputuskan untuk melakukan kemoterapi di RS Permata Cirebon. Sampai saat ini kemoterapi belum dilakukan, berdasarkan rujukan dari RS Permata Cirebon, PPKS disarankan untuk melakukan pengobatan di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta. 

Keluarga Jafar memberikan informasi bahwa ada organisasi masyarakat Bernama Projamin yang mau membantu pendampingan dan perawatan Jafar di RSCM yang direncanakan akan dilakukan pada tanggal 26 Januari 2022. 

Hasil dari asesmen yang dilakukan, selain adanya pendampingan Kesehatan untuk Jafar, Loka Kahuripan juga memberikan Bantuan ATENSI berupa nutrisi antara lain susu, buah-buahan segar, beras, biskuit, madu, jus buah, sarden dan vitamin.

Ungkapan terimakasih terucap dari keluarga Jafar atas segala perhatian dan bantuan yang telah diberikan, keluarga juga berharap agar Jafar bisa memperoleh perawatan yang sesuai terkait Suspect Osteosarcoma dan bisa pulih seperti sediakala.

Penulis :
Humas Kahuripan Sukabumi
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Karlina Irsalyana

Bagikan :