Tenda Pengungsian Dipindah ke Tempat Aman, Pengungsi Merasa Nyaman

Tenda Pengungsian Dipindah ke Tempat Aman, Pengungsi Merasa Nyaman
Writer :
Try Harijono

KAB. AGAM  (21 Mei 2024) - Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau tempat pengungsian yang baru dan aman dari ancaman lahar dingin di lapangan bola Batu Taba, Kecamatan IV Angkek Kabupaten Agam, Senin (20/5) tengah malam. Selasa (21/5) pagi,  Mensos Risma kembali mengunjungi lokasi pengungsian untuk mengecek pelayanan kepada para pengungsi serta menanyakan kebutuhan para pengungsi.

"Kami ingin memastikan kebutuhan para pengungsi terpenuhi," kata Mensos Tri Rismaharini di lokasi pengungsian Kecamatan IV Angkek, Kabupaten Agam, Selasa (21/5) pagi, sambil mengecek pelaksanaan dapur umum. Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kemensos yang menangani dapur umum membuat 3.300 nasi bungkus setiap harinya untuk dibagikan kepada para pengungsi.

Selain membuat dapur umum, Kemensos juga membangun tenda untuk layanan psikososial, tenda untuk pelatihan vokasional, toilet portabel, tenda mushola dan tenda pengungsian. "Lokasi pengungsian ini aman, karena tidak merupakan jalur lahar dingin," kata Mensos Risma.

Sebelumnya, saat pekan lalu meninjau lokasi pengungsian, Mensos Risma meminta agar lokasi pengungsian dipindah karena berada di jalur lahar dingin. Hal itu diketahui setelah Mensos Risma mencocokan peta jalur lahar dingin Gunung Marapi Sumatera Barat yang dikeluarkan Kementerian ESDM dengan lokasi pengungsian. Karena itulah untuk menghindari jatuhnya korban, Mensos Risma meminta lokasi pengungsian dipindah. 

Lokasi pengungsian yang sekarang, selain aman juga mudah diakses karena tak jauh dari jalan lintas Sumatera. "Sekarang selain aman, tempat pengungsiaanya juga nyaman karena berbagai fasilitas tersedia. Terima kasih Kemensos," kata Ny Nursima, salah seorang pengungsi
Share :